PENGARUH IKLAN SKINTIFIC DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC PADA FOLLOWERS @SKINTIFICID

LIE, LAURENCIA ALINE LIMARGA (2023) PENGARUH IKLAN SKINTIFIC DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC PADA FOLLOWERS @SKINTIFICID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
20.M1.0069-LAURENCIA ALINE LIMARGA, LIE-COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0069-LAURENCIA ALINE LIMARGA, LIE-BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0069-LAURENCIA ALINE LIMARGA, LIE-BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0069-LAURENCIA ALINE LIMARGA, LIE-BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0069-LAURENCIA ALINE LIMARGA, LIE-BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0069-LAURENCIA ALINE LIMARGA, LIE-BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0069-LAURENCIA ALINE LIMARGA, LIE-BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text
20.M1.0069-LAURENCIA ALINE LIMARGA, LIE-DAPUS_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0069-LAURENCIA ALINE LIMARGA, LIE-LAMP_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Instagram menjadi salah satu media sosial yang digunakan untuk menunjang bisnis. Salah satu merek yang memanfaatkan Instagram untuk kegiatan berbisnis adalah Skintific. Skintific memanfaatkan Instagram untuk beriklan. Iklan berperan mengubah perilaku konsumen dalam membeli dan menggunakan produk. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah iklan Skintific dan Instagram Skintific dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada pengikut @Skintificid. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa survei. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 154 responden pengikut akun Instagram @Skintificid. Instrumen penelitian penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan analisis koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji T, dan uji F. Berdasarkan hasil kuesioner, didapatkan nilai rata-rata tertinggi pada variabel X1 iklan Skintific pada dimensi memberikan informasi, pada variabel X2 Instagram Skintific dengan dimensi komunikasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa teori S-O-R yaitu sebuah “rangsangan” berupa iklan Skintific dan unggahan Instagram Skintific diterima oleh “organisme” pengikut @Skintificid hingga dapat memunculkan “tanggapan” berupa keputusan pembelian. Pada variabel X1 mendapatkan thitung (3.732) > ttabel (1.655) yang artinya H1 diterima atau terdapat pengaruh iklan Skintific terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh yang diberikan sebesar 17,5%. Sedangkan, variabel X2 mendapatkan thitung (3.358) > ttabel (1.655) yang artinya H2 diterima atau terdapat pengaruh Instagram Skintific terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh yang diberikan sebesar 16,2%. Pada uji F, didapatkan fhitung 22.860 > ftabel 2.34 yang artinya H3 diterima atau terdapat pengaruh antara variabel iklan Skintific dan variabel Instagram Skintific secara berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan besarnya pengaruh yang diberikan sebesar 22,2%. Teori S-O-R pada penelitian ini dapat dibuktikan dengan adanya pengaruh secara parsial maupun simultan antara Iklan Skintific, Instagram Skintific terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: iklan Skintific, Instagram, keputusan pembelian produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 08 May 2024 04:25
Last Modified: 08 May 2024 04:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35369

Actions (login required)

View Item View Item