PERAN INSINYUR DALAM PROSES PENGENDALIAN MUTU PEKERJAAN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN SISTEM DRAINASE KAWASAN ERLANGGA KOTA SEMARANG)

ASHARI, MOCHAMAD HISAM (2023) PERAN INSINYUR DALAM PROSES PENGENDALIAN MUTU PEKERJAAN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN SISTEM DRAINASE KAWASAN ERLANGGA KOTA SEMARANG). Project Report. Program Studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata Semarang. (Unpublished)

[img] Text
23.B5.0012 - Mochamad Hisam Ashari - COVER_a.pdf

Download (163kB)
[img] Text
23.B5.0012 - Mochamad Hisam Ashari - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
23.B5.0012 - Mochamad Hisam Ashari - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
23.B5.0012 - Mochamad Hisam Ashari - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
23.B5.0012 - Mochamad Hisam Ashari - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
23.B5.0012 - Mochamad Hisam Ashari - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
23.B5.0012 - Mochamad Hisam Ashari - DAFTAR PUSTAKA_a.pdf

Download (427kB)
[img] Text
23.B5.0012 - Mochamad Hisam Ashari - LAMPIRAN_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Drainase merupakan hal yang penting dalam konstruksi bangunan karena berfungsi menyalurkan air permukaan ke badan air dan/atau resapan bangunan untuk menghindari terbentuknya genangan air di dalam bangunan konstruksi. Komponen yang digunakan pada pelaksanaan pembangunan Sistem Drainase Kawasan Erlangga Kota Semarang U-Ditchdan Box Culvert. Bangunan fabrikasi digunakan dalam proyek konstruksi karena mempunyai keunggulan waktu konstruksi yang singkat. Beberapa proyek konstruksi menggunakan metode cast in place untuk pekerjaan saluran karena biayanya sangat terjangkau. Tujuan dari penelitian ini melakukan identifikasi permasalahan, menganalisis metodologi pelaksanaan pengendalian mutu pekerjaan pembangunan drainase dan membuat strategi dalam melakukan pengendalian mutu pekerjaan pembangunan drainase. Data primer berupa informasi dari karyawan mengenai proyek, dan data sekunder berupa rencana saluran dan jadwal proyek. Analisis dilakukan dari data ini untuk menentukan pengendalian kualitas pada komponen U-Ditchdan Box Culvert. Hasil analisa menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pekerjaan pembangunan drainase kawasan erlangga kota semarang pada pekerjaan pemadatan area sekitar box culvet, pekerja kurang mengindahkan K3L sehingga membahayakan dalam pelaksanaan pekerjaan. Selain itu dalam pengendalian mutu U-Ditchdan Box Culvert ini sudah menggunakan metode Slump Test sehingga dapat terkontrol mutu beton yang digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan. Pengendalian mutu lebih mudah karena proses pembuatan U-Ditchdan Box Culvert dilakukan di pabrik. Kata Kunci : U-Ditch, Box Culvert, Mutu beton, Pengendalian Mutu, K3L

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Engineer Professional Program
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 08 May 2024 02:10
Last Modified: 08 May 2024 02:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35353

Actions (login required)

View Item View Item