TAHAPAN TOURISM DESTINATION BRANDING DESA WISATA GLAWAN SEBAGAI DESA WISATA EDUKASI DI KABUPATEN SEMARANG

ZABETH, CORNELIUS (2024) TAHAPAN TOURISM DESTINATION BRANDING DESA WISATA GLAWAN SEBAGAI DESA WISATA EDUKASI DI KABUPATEN SEMARANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
20.M1.0040-CORNELIUS ZABETH-COVER_1.pdf

Download (998kB)
[img] Text
20.M1.0040-CORNELIUS ZABETH-BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0040-CORNELIUS ZABETH-BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0040-CORNELIUS ZABETH-BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0040-CORNELIUS ZABETH-BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0040-CORNELIUS ZABETH-BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text
20.M1.0040-CORNELIUS ZABETH-DAPUS_1.pdf

Download (960kB)
[img] Text
20.M1.0040-CORNELIUS ZABETH-LAMP_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Desa Glawan merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Krajan, Glawan, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Desa Glawan melakukan brandingnya sebagai desa wisata edukasi dan berhasil memenuhi tahapan-tahapan tourism destination branding. Tourism destination branding adalah penjualan paket fasilitas atau tempat tujuan melalui penggunaan nama, slogan, simbol untuk menciptakan image yang positif. Oleh karena itu, rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tahapan tourism destination branding Desa Wisata Glawan sebagai desa wisata edukasi di Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan dengan empat narasumber yaitu Bapak Agus Supriadi sebagai Kepala Desa Glawan, salah satu anggota POKDARWIS yaitu Bapak Bambang, Bapak Marianto sebagai bendahara POKDARWIS, dan Bapak Kudarso sebagai ketua POKDARWIS. POKDARWIS merupakan Kelompok Sadar Wisata yang terdapat dalam Desa Glawan. Analisis data juga dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Desa Wisata Glawan telah melaksanakan kelima tahapan tourism destination branding yaitu menetapkan tujuan kedepannya, penetapan identitas brand seperti pembuatan logo dan tagline, melakukan kegiatan promosi, menentukan target konsumen dan pengolahan dana serta melakukan umpan balik terhadap feedback. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa identitas merek yang ditonjolkan Desa Glawan mampu membuat Desa Wisata Glawan lebih dikenal dan berkembang. Namun, Desa Wisata Glawan perlu meningkatkan promosi dalam platform digital untuk menunjang keberhasilan Desa Wisata Glawan dimasa yang akan datang. Kata kunci: Desa Wisata Glawan, Tourism Destination Branding, Tahapan Tourism Destination Branding

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 05 May 2024 12:37
Last Modified: 05 May 2024 12:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35326

Actions (login required)

View Item View Item