DAMPAK PENGGUNAAN COPYWRITING TERHADAP PENERIMAAN FOLLOWERS: STUDI KUANTITATIF PADA PESAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM UNGGAHAN AKUN INSTAGRAM @SEMARANGWEGAHNYAMPAH

HARTONO, GRACIELLA VANIA (2024) DAMPAK PENGGUNAAN COPYWRITING TERHADAP PENERIMAAN FOLLOWERS: STUDI KUANTITATIF PADA PESAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM UNGGAHAN AKUN INSTAGRAM @SEMARANGWEGAHNYAMPAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
20.M1.0027-GRACIELLA VANIA HARTONO-COVER_1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
20.M1.0027-GRACIELLA VANIA HARTONO-BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
20.M1.0027-GRACIELLA VANIA HARTONO-BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
20.M1.0027-GRACIELLA VANIA HARTONO-BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
20.M1.0027-GRACIELLA VANIA HARTONO-BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
20.M1.0027-GRACIELLA VANIA HARTONO-BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
20.M1.0027-GRACIELLA VANIA HARTONO-DAPUS_1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
20.M1.0027-GRACIELLA VANIA HARTONO-LAMP_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sekretariat Daerah (SETDA) Kota Semarang memanfaatkan salah satu media komunikasi, yakni instagram sebagai sarana untuk menyalurkan pesan yang informatif dan edukatif pada masyarakatnya. Penggunaan instagram dimanfaatkan dalam upaya penyampaian pesan kampanye “Semarang Wegah Nyampah”. Dalam peran sebagai komunikator, Humas Pemerintah Kota Semarang memanfaatkan teknik copywriting pada setiap unggahan @semarangwegahnyampah untuk mempersuasi dan memikat hati konsumen terkait gerakan bebas sampah. Penggunaan kata-kata dengan teknik copywriting sendiri bertujuan mempersuasi, mudah dipahami, serta mampu memikat hati konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat dampak copywriting dalam pesan kampanye public relations akun instagram @semarangwegahnyampah, dengan fokus pada penerimaan dan ketertarikan pengikut terhadap setiap unggahan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan spreadsheet dan IBM SPSS Statistic 26.0. Populasi penelitian ini merupakan followers instagram @semarangwegahnyampah, dengan sampel penelitian sebanyak 96 responden dan didapat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, penyebaran kuesioner online memanfaatkan fitur instagram, yakni direct message. Teori yang digunakan pada penggunaan copywriting terdapat dimensi attention, comprehension, conviction dan action. Sedangkan pada penyampaian pesan kampanye public relations mencakup dimensi kredibel, relevan dan mudah dipahami. Hasil penelitian ini sendiri menunjukan bahwa adanya pengaruh Penggunaan Copywriting terhadap Penyampaian Pesan Kampanye Public Relations, secara keseluruhan responden menanggapi “setuju”. Besarnya pengaruh Penggunaan Copywriting tergolong kuat atau tinggi, yakni sebesar 0,755 terhadap Penyampaian Pesan Kampanye Public Relations. Hubungan yang positif pada followers akun instagram @semarangwegahnyampah dengan perolehan persentase sebesar 57% sedangkan sisanya sebesar 43% berarti dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari variabel penelitian ini. Kata Kunci : Copywriting, Pesan Kampanye Public Relations, Instagram, Semarang Wegah Nyampah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 05 May 2024 12:22
Last Modified: 05 May 2024 12:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35302

Actions (login required)

View Item View Item