PENGARUH KARAKTERISTIK KEY OPINION LEADERS TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TITAN TYRA SEBAGAI KOL SECONDATE BEAUTY PADA INSTAGRAM

YULIANA, MICHELLE (2024) PENGARUH KARAKTERISTIK KEY OPINION LEADERS TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TITAN TYRA SEBAGAI KOL SECONDATE BEAUTY PADA INSTAGRAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
20.M1.0007-Michelle Yuliana-COVER_a.pdf

Download (339kB)
[img] Text
20.M1.0007-Michelle Yuliana-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
20.M1.0007-Michelle Yuliana-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
20.M1.0007-Michelle Yuliana-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
20.M1.0007-Michelle Yuliana-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0007-Michelle Yuliana-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
20.M1.0007-Michelle Yuliana-DAPUS_a.pdf

Download (205kB)
[img] Text
20.M1.0007-Michelle Yuliana-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)

Abstract

Pendayagunaan media sosial adalah bagian dari public relations digital yang penerapannya harus menggunakan pendekatan strategi yang tepat. Key opinion leaders atau KOL digunakan sebagai strategi yang tepat karena memiliki pengaruh yang positif dalam menyampaikan pesan kepada stakeholders. Saat memilih KOL, perusahaan harus menyesuaikan karakteristik KOL. Hal ini dikarenakan karakteristik KOL mempengaruhi efektivitas komunikasi KOL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik key opinion leader terhadap efektivitas komunikasi Titan Tyra sebagai KOL Secondate Beauty pada instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah pengikut Instagram Secondate Beauty dengan sampel 100 responden yang diperoleh menggunakan teknik sampling nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Pengolahan ini menghasilkan nilai korelasi variabel X dan variabel Y sebesar 0,759 yang termasuk ke dalam kategori sangat kuat. Selanjutnya berdasarkan uji determinasi diperoleh pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 57,1% yang berarti terdapat 42,9% faktor pengaruh lainnya diluar penelitian ini. Penelitian ini juga menghasilkan nilai regresi X sebesar 0,684 yang berarti 1% nilai variabel X, maka variabel Y bertambah sebesar 0,684 yang bernilai positif. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh hasil terdapat pengaruh antara karakteristik Titan Tyra sebagai Key Opinion Leaders terhadap efektivitas komunikasi Titan Tyra sebagai Key Opinion Leaders Secondate Beauty. Karakteristik KOL serta efektivitas komunikasi Titan Tyra sebagai KOL Secondate Beauty juga tergolong baik dengan perolehan nilai ratarata total sebesar 2,87 untuk karakteristik KOL dan nilai rata-rata total sebesar 2,94 untuk efektivitas komunikasi KOL. Pada variabel X, Titan Tyra memperoleh nilai tertinggi pada pertanyaan “Apakah anda mengetahui bahwa Titan Tyra adalah key opinion leaders Secondate Beauty?” pada dimensi familiarity dengan nilai 3,12. Sedangkan untuk variabel Y, Titan Tyra memperoleh nilai tertinggi pada pertanyaan “Apakah menurut anda Titan Tyra sebagai KOL Secondate Beauty selalu memberikan review produk saat Secondate Beauty meluncurkan produk baru?” dengan nilai 3,11. Hal ini berarti bahwa Titan Tyra sebagai KOL Secondate Beauty dianggap familiar dan tepat waktu dalam menyampaikan pesan. Kata Kunci : Key Opinion Leaders, Karakteristik Key Opinion Leaders, Efektivitas Komunikasi Key Opinion Leaders, Secondate Beauty, Titan Tyra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 03 May 2024 13:25
Last Modified: 03 May 2024 13:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35280

Actions (login required)

View Item View Item