PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM @DETIKCOM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS TERKAIT PILPRES 2024 PADA PERIODE OKTOBER- NOVEMBER 2023

KRISTANTI, VIORIEN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM @DETIKCOM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS TERKAIT PILPRES 2024 PADA PERIODE OKTOBER- NOVEMBER 2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
20.M1.0003-VIORIEN KRISTANTI-COVER_a.pdf

Download (403kB)
[img] Text
20.M1.0003-VIORIEN KRISTANTI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
20.M1.0003-VIORIEN KRISTANTI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
20.M1.0003-VIORIEN KRISTANTI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
20.M1.0003-VIORIEN KRISTANTI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text
20.M1.0003-VIORIEN KRISTANTI-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
20.M1.0003-VIORIEN KRISTANTI-DAPUS_a.pdf

Download (271kB)
[img] Text
20.M1.0003-VIORIEN KRISTANTI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial dapat membantu kehidupan manusia dalam memperoleh informasi. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dan menjadi platform favourite kedua di global yaitu media sosial Instagram. Dalam konteks pemilu, pemberitaan informasi mengenai profil maupun isu-isu yang berkaitan tentang capres dan cawapres, serta tata cara pelaksanaan pencoblosan dapat dibagikan melalui Instagram. Keseimbangan informasi yang ada di media sosial Instagram dapat berpengaruh pada pembentukan persepsi publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Instagram @detikcom terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers terkait pilpres 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berlandaskan filsafat positivisme dengan menggunakan teori uses and gratification untuk melihat adanya pemenuhan kebutuhan informasi individu terhadap keputusan dalam memilih media sosial. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang disebar dalam bentuk kuesioner dan menggunakan cluster sampling untuk pengelompokan responden berdasarkan usia. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi product moment untuk melihat adanya pengaruh antara variabel penggunaan media sosial Instagram @detikcom dengan variabel pemenuhan kebutuhan informasi followers terkait pilpres 2024. Pada penelitian ini diketahui bahwa nilai koefisien tingkat hubungan variabel penggunaan Instagram @detikcom terhadap pemenuhan kebutuhan informasi terkait pilpres 2024 sebesar 0,713 termasuk dalam kategori kuat, yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan media sosial Instagram terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Kata kunci: Penggunaan media sosial, Uses and gratification, Kebutuhan informasi, Instagram @detikcom

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 03 May 2024 07:06
Last Modified: 03 May 2024 07:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35272

Actions (login required)

View Item View Item