HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN INTERAKSI SOSIAL LANGSUNG DENGAN KELUARGA PADA KOMUNITAS GTA V ROLEPLAY

MUNANDA, REZZA ARIESTA ARIF (2024) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN INTERAKSI SOSIAL LANGSUNG DENGAN KELUARGA PADA KOMUNITAS GTA V ROLEPLAY. Skripsi thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.E1.0102-REZZA ARIESTA ARIF M-cover_1.pdf

Download (734kB)
[img] Text
17.E1.0102-REZZA ARIESTA ARIF M-BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
17.E1.0102-REZZA ARIESTA ARIF M-BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
17.E1.0102-REZZA ARIESTA ARIF M-BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
17.E1.0102-REZZA ARIESTA ARIF M-BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
17.E1.0102-REZZA ARIESTA ARIF M-BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
17.E1.0102-REZZA ARIESTA ARIF M-BAB VI_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
17.E1.0102-REZZA ARIESTA ARIF M-DAPUS_1.pdf

Download (412kB)
[img] Text
17.E1.0102-REZZA ARIESTA ARIF M-LAMPIRAN_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain game online dengan interaksi sosial langsung dengan keluarga pada komunitas GTA V roleplay. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara intensitas bermain game online dengan interaksi sosial langsung dengan keluarga. Subjek dalam penelitian ini adalah komunitas GTA V roleplay yang bermain di server The Afters. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Jumlah keseluruhan subjek sebanyak 44 responden. Pengambilan data menggunakan skala Interaksi Sosial dan skala Intensitas dan disebarkan melalui google form. Validitas item skala Interaksi Sosial bergerak dari 0,309 – 0,679 dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,898. Validitas item skala Intensitas bergerak dari 0,385 – 0.663 dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,844. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi negatif yang sangat signifikan (rxy = 0,417 p<0,005) antara intensitas dengan interaksi sosial. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, yakni terdapat hubungan negatif antara intensitas bermain game online dengan interaksi sosial. Kata Kunci: Interaksi sosial, Intensitas, Komunitas GTA V Roleplay.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:12
Last Modified: 16 Apr 2024 02:12
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35186

Actions (login required)

View Item View Item