PENGARUH IKLAN TIKTOK AFFILIATE SKINTIFIC OLEH AKUN @FEILIANAVEVE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA DI KOTA SEMARANG

PEKERTI, ELISABETH TAJAM (2024) PENGARUH IKLAN TIKTOK AFFILIATE SKINTIFIC OLEH AKUN @FEILIANAVEVE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA DI KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.M1.0080 - ELISABETH TAJAM PEKERTI - COVER_a.pdf

Download (373kB)
[img] Text
19.M1.0080 - ELISABETH TAJAM PEKERTI - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
19.M1.0080 - ELISABETH TAJAM PEKERTI - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
19.M1.0080 - ELISABETH TAJAM PEKERTI - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
19.M1.0080 - ELISABETH TAJAM PEKERTI - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
19.M1.0080 - ELISABETH TAJAM PEKERTI - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
19.M1.0080 - ELISABETH TAJAM PEKERTI - DAPUS_a.pdf

Download (476kB)
[img] Text
19.M1.0080 - ELISABETH TAJAM PEKERTI - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)

Abstract

Kemajuan media sosial dan teknologi yang sangat pesat saat ini beriringan dengan berkembangnya aplikasi berupa video pendek. Salah satu platform video pendek yang saat ini sedang berkembang pesat dan banyak digemari oleh masyarakat yaitu aplikasi TikTok. TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan sebagai media pemasaran. Salah satu cara melakukan media pemasaran menggunakan TikTok yaitu dengan iklan affiliate. Feiliana Veve merupakan seorang influencer TikTok yang melakukan iklan affiliate pada produk Skintific. Feiliana Veve memainkan peran yang cukup signifikan untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Mahasiswa merupakan salah satu segmen konsumen yang signifikan dalam pasar kosmetik dan perawatan kulit. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan penelitian survei yang akan disebarkan melalui kuesioner sebagai data primer, dan karya ilmiah, serta jurnal sebagai data sekunder. Populasinya adalah mahasiswa di Semarang dengan jumlah 231.636 orang. Jenis sampel yang digunakan adalah nonprobability dengan menggunakan rumus Slovin, hasilnya dibulatkan menjadi 100 sampel. Pada uji normalitas nilai probabilitas p yaitu 0,073 > 0,05 sehingga asumsi normalitas terpenuhi. Pada koefisien regresi (X) variabel iklan TikTok affiliate sebesar 0,905 positif dan mengalami peningkatan 1 point, maka variabel X akan meningkatkan nilai dari variabel Y sebesar 0,905 point. Kemudian melalui hasil uji hipotesis hubungan Iklan Tiktok Affiliate dengan Keputusan Pembelian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 nilai tersebut < 0.05, yang artinya terdapat hubungan antara Iklan Tiktok Affiliate dengan Keputusan Pembelian. Sehingga pada hipotesis pertama Ha: variabel iklan TikTok affiliate berpengaruh signifikan secara parsial variabel keputusan pembelian “diterima”. Pada variabel iklan TikTok affiliate dan keputusan pembelian angka koefisien korelasi sebesar 0.885 atau masuk dalam kriteria sangat kuat. Variabel independent iklan TikTok Affiliate (X) memberikan pengaruh sebesar 78.3% pada variabel dependent keputusan pembelian (Y). Sedangkan sisanya sebesar 21.7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: TikTok, Iklan Affiliate, Influencer, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:10
Last Modified: 16 Apr 2024 02:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35170

Actions (login required)

View Item View Item