PENERAPAN DISIPLIN POSITIF UNTUK MERDEKA BELAJAR DAN MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

SARASWATI, RIKA (2023) PENERAPAN DISIPLIN POSITIF UNTUK MERDEKA BELAJAR DAN MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. In: Talkshow “Disiplin Positif untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dalam Kebijakan Merdeka Belajar”, 16 Oktober 2023, ttps://us02web.zoom.us/j/87092111808?pwd=QXpqSmYxU1FQdEhYdzl2 TTVYczd6UT09. (Unpublished)

[img] Text
ST Talkshow Disiplin Positif-undangan-naskah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga telah mengadopsi program Roots dan pendekatan disiplin positif untuk mencegah kekerasan di institusi pendidikan. Program Roots adalah sebuah program pencegahan perundungan berbasis sekolah yang telah dikembangkan oleh UNICEF Indonesia sejak tahun 2017 bersama Pemerintah Indonesia, akademisi, serta praktisi pendidikan dan pemerhati perlindungan anak. Fokus dari program ini adalah mengatasi perundungan di sekolah dengan melibatkan teman sebaya (peer group). Beberapa peserta didik yang memiliki pengaruh terhadap teman-teman di sekolahnya dipilih menjadi agen perubahan, dan melalui pengaruh mereka diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap berkurangnya tindak perundungan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: ms Rika Saraswati
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:06
Last Modified: 22 Mar 2024 02:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35051

Actions (login required)

View Item View Item