MODERASI BERAGAMA UMAT KRISTIANI MELALUI MEDIA SOSIAL: Riset Pada Tiga Wilayah (SEMARANG RAKYA, SOLO RAYA & DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Pandiangan, Andreas and Nugroho, Adrianus Bintang Hanto and Sanjaya, Andreas Ryan (2021) MODERASI BERAGAMA UMAT KRISTIANI MELALUI MEDIA SOSIAL: Riset Pada Tiga Wilayah (SEMARANG RAKYA, SOLO RAYA & DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Project Report. FHK UNIKA Soegijapranata, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
1-laporan SBKU 2021-moderasi beragama.pdf

Download (6MB)

Abstract

Moderasi beragama di Indonesia menjadi kebutuhan utama guna merawat perjalanan bangsa ini menuju cita-cita sebagaimana dimaksud di Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, alinea 4: “Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, ….”. Moderasi beragama dipahami sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah-tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama. Sehingga moderasi beragama harus dipahami sebagai sikap beragama yang seimbang antara pengalaman agama sendiri (ekskusif) dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan (inklusif) (Kementerian Agama, 2019: 17-18). Maka perihal moderasi beragama tidak hanya menyangkut umat Islam tapi justru moderasi beragama berlaku bagi semua pemeluk agama lain termasuk juga umat beragama Kristiani (Protestan dan Katolik).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Andreas Pandiangan
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:53
Last Modified: 13 Mar 2024 02:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34894

Actions (login required)

View Item View Item