Gambaran Pelaksanaan Layanan Konseling Online di Perguruan Tinggi

Hernawati, Lucia and GOERITNO, HARYO Gambaran Pelaksanaan Layanan Konseling Online di Perguruan Tinggi. PRAXIS : Jurnal Sains, Teknologi, Masyarakat dan Jejaring. ISSN 2622-9137

[img] Text
Artikel Gambaran Konseling Online di Perguruan Tinggi.pdf

Download (390kB)

Abstract

Sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, perguruan tinggi pada umumnya memiliki unit bimbingan dan konseling yang membuat berbagai program untuk membantu mahasiswa menyelesaikan masalah akademik dan non akademik. Salah satu program layanan konseling yang dijalankan di masa pandemi ini adalah layanan konseling online. Mahasiswa tidak perlu datang ke kampus, lepas dari sosial stigma, tidak perlu cemas dan gugup menghadapi seorang psikolog/konselor. Mahasiswa yang memiliki jadual kuliah yang padat atau malu bertemu psikolog/konselor dapat memakai layanan konseling online. Walaupun layanan konseling online berpotensi untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah mahasiswa namun perlu penelitian untuk mendukung evaluasi dan pembuatan strategi regulasi layanan konseling online di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan konseling online di perguruan tinggi dari sudut pandang mahasiswa sebagai pengguna layanan konseling online. Delapan orang mahasiswa dari empat universitas negeri dan swasta di kota yang pernah mendapat layanan konseling online di kampusnya terlibat sebagai partisipan dalam penelitian ini. Dengan metode kualitatif fenomenologi dilakukan wawancara mendalam untuk mengetahui persepsi partisipan tentang bentuk, proses dan efektivitas konseling online yang pernah diikutinya. Data akan dianalisa secara kualitatif untuk mengetahui fenomena layanan konseling online untuk mahasiswa di perguruan tinggi. Ditemukan pada umumnya layanan konseling online yang diberikan pada bentuk text-chat. Persiapan sarana Smartphone, headset, mic, webcam, kuota, wifi dilakukan. Sebagian konselor ramah, suasana konseling kondusif, mahasiswa merasa dipahami masalah dan perasaannya, konselor mampu membantu mahasiswa mencapai insight. Konseling berjalan efektif. Dengan indikator tersedia sarana dan prasarana, target dan strategi jelas untukmencapai target jelas, analisa masalah jelas, perencanaan matang, dan insight tercapai. Sedangkan sebagian yang lain kebalikannya.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Depositing User: Ms Theresia Alvita Saraswati
Date Deposited: 28 Feb 2024 00:42
Last Modified: 28 Feb 2024 00:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34800

Actions (login required)

View Item View Item