Keterikatan Kerja dan Kualitas Relasi Atasan-Bawahan dengan Kesiapan untuk Berubah Studi Korelasi pada Aparatur Sipil Negara

RAHMALISA, DHEA LAKSMI and Haryanti, Kristiana and SUSETYO, DP. BUDI Keterikatan Kerja dan Kualitas Relasi Atasan-Bawahan dengan Kesiapan untuk Berubah Studi Korelasi pada Aparatur Sipil Negara. Soegijapranata Catholic University.

[img] Text
Similiarity Keterikatan Kerja dan Kualitas Relasi Atasan Bawahan dengan Kesiapan untuk Berubah.pdf

Download (314kB)

Abstract

Kesiapan untuk berubah pada ASN memiliki peranan yang sangat penting untuk dapat mencapai keberhasilan dari pelaksanaan pembangunan dan reformasi birokrasi. Fenomena yang terjadi, membangun kesiapan untuk berubah bagi ASN yang telah terbiasa dengan pola lama dan harus mempelajari cara kerja baru bukanlah perkara yang mudah. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan untuk berubah antara lain keterikatan kerja dan kualitas relasi atasan bawahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterikatan kerja dan kualitas relasi atasan bawahan dengan kesiapan untuk berubah pada Aparatur Sipil Negara Dinas “X”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 149 ASN. Teknik pengumpulan data menggunakan skala yakni skala kesiapan untuk berubah, skala keterikatan kerja dan skala kualitas relasi atasan bawahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara keterikatan kerja dan kualitas relasi atasan bawahan dengan kesiapan untuk berubah. Hal ini mengacu pada nilai F sebesar 25,682 dengan p<0, 01. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa keterikatan kerja dan kualitas relasi atasan bawahan memiliki pengaruh positif dan sangat signifikan terhadap kesiapan untuk berubah.

Item Type: Other
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Depositing User: Ms Theresia Alvita Saraswati
Date Deposited: 28 Feb 2024 00:45
Last Modified: 28 Feb 2024 00:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34771

Actions (login required)

View Item View Item