EFEKTIVITAS PELATIHAN "STRATEGI LOLOS WAWANCARA KERJA BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW" PADA MAHASISWA

Haryanti, Kristiana and Reinaldi, Eugenius Tintus and Widyaningtanti, Lucia Trisni EFEKTIVITAS PELATIHAN "STRATEGI LOLOS WAWANCARA KERJA BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW" PADA MAHASISWA. EFEKTIVITAS PELATIHAN "STRATEGI LOLOS WAWANCARA KERJA BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW" PADA MAHASISWA.

[img] Text
Prosiding Sendimas 2020 Efektivitas Pelatihan Strategi Lolos Wawancara Kerja Behavioral Event Interview Pada Mahasiswa.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah angkatan kerja dari tahun ke tahun membuat persaingan dalam mencari kerja semakin ketat, sehingga mahasiswa tingkat akhir perlu menyusun strategi untuk mengantisipasinya. Perkuliahan di universitas tidak memberikan materi terkait bagaimana para mahasiswa ini dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti wawancara kerja. Kejadian yang sering terjadi di lapangan adalah para lulusan sarjana mengikuti wawancara kerja tanpa adanya persiapan sehingga dinilai oleh pewawancara kurang memiliki kompetesi dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris efektivitas pelatihan strategi lolos wawancara kerja metode Behavioral Event Interview yang diberikan pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini diikuti oleh 27 mahasiswa tingkat akhir. Metode penelitian menggunakan pretest-posttest experiment design. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengetahuan yang signifikan tentang wawancara kerja antara sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Ini menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa untuk dapat mengatur strategi lolos wawancara kerja. Hasil pada evaluasi juga menunjukkan bahwa peserta pelatihan merasa puas dengan pelatihan yang diberikan.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Depositing User: Ms Theresia Alvita Saraswati
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:01
Last Modified: 22 Feb 2024 03:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34722

Actions (login required)

View Item View Item