(Hasil Similarity) Hubungan Strategi Koping Konstruktif dan Kualitas Hidup Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Perempuan Yang Menikah Dini

Martha, Euphrasia and Sih Setija Utami, Margaretha and Yang Roswita, Maria (2023) (Hasil Similarity) Hubungan Strategi Koping Konstruktif dan Kualitas Hidup Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Perempuan Yang Menikah Dini. Prosiding Seminar Nasional Biopsikososial 2023.

[img] Text
2023 - (E-PROSIDING) HUBUNGAN STRATEGI KOPING KONSTRUKTIF DAN KUALITAS HIDUP DENGAN KEBAHAGIAAN PADA.pdf

Download (840kB)

Abstract

Pernikahan dini di Indoensia merupakan masalah klasik yang sering terjadi pada masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT juga sering terjadi pernikahan dibawah umur. Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pemberdayaan Perempuan dan Anak mencatat bahwa sampai dengan bulan Juni tahun 2022 tercatat 228 kasus. Berbagai konflik yang dihadapi pasangan remaja dalam pernikahan dini, secara tidak langsung akan mengurangi perasaan bahagia bagi pelakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi koping konstruktif dan kualitas hidup dengan kebahagiaan pada remaja perempuan yang menikah dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi, adalah remaja perempuan, sudah menikah (usia 12-19 tahun) usia pernikahan 1-2 tahun dan yang sudah mempunyai anak. Jenis metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan skala kebahagiaan, skala strategi koping dan skala kualitas hidup. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi non parametrik. Hasil penelitian menunjukan tidak adanya korelasi yang signifikan antara strategi koping konstruktif dan kebahagiaan, juga antara kualitas hidup dengan kebahagiaan (rX1Y: 0,119 p >0,05, dan rX2Y: 0,148 p >0,05). Kesimpulannya adalah faktor yang mempengaruhi kebahagiaan pada remaja perempuan di Kab. Sikka yang menikah dini bukanlah strategi koping konstruktif dan kualitas hidup.

Item Type: Other
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Ms Theresia Alvita Saraswati
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:15
Last Modified: 19 Feb 2024 00:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34693

Actions (login required)

View Item View Item