(Hasil Similarity) Efek Penerapan Terapi Gerakan Tari Dalam Menurunkan Hiperaktivitas Pada Anak ADHD

Anwar Dani, Robik and Sih Setija Utami, Margaretha and Sumijati, Sri (2017) (Hasil Similarity) Efek Penerapan Terapi Gerakan Tari Dalam Menurunkan Hiperaktivitas Pada Anak ADHD. PROSIDING TEMU ILMIAH X IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN INDONESIA.

[img] Text
2017 - (PROSIDING) Efek penerapan terapi gerakan tari dalam menurunkan hiperaktivitas pada anak ADHD.pdf

Download (824kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi gerakan tari dalam menurunkan hiperaktivitas anak ADHD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kasus tunggal dengan A-B-A multiple baseline design across subjects. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga anak dengan rentang usia tujuh s/d delapan tahun, bersekolah di SD inklusif di Semarang, yang telah didiagnosis mengalami ADHD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan checklist perilaku hiperaktif. Pengukuran dilakukan pada saat baseline satu, intervensi, dan baseline dua. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dan within subject t-test. Hasil analisis data menunjukkan adanya penurunan skor hiperaktivitas pada ketiga subjek demikian pula hasil within subject t-test juga menunjukkan bahwa thit lebih besar dari ttab (thit = 12,58 > ttab(α=0,01) = 9,925). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi gerakan tari dapat menurunkan hiperaktivitas anak ADHD.

Item Type: Other
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Ms Theresia Alvita Saraswati
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:14
Last Modified: 19 Feb 2024 00:14
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34686

Actions (login required)

View Item View Item