Peningkatan Kesejahteraan Stakeholder pada Emiten yang Memiliki Kepedulian Pengungkapan Emisi Karbon, Etika Bisnis Dalam Tata Kelola Perusahaan dan Reaki Investor

Elizabeth Lucky Maretha S, Lucky and Yusni Warastuti, YW and Y. Wisnu Djati Sasmito, Wisnu and Annisa Faradyna Widyaningtyas, Annisa and Agnes Ajeng Pramesti, Ajeng and Ranie Putri Pradiptaningratri, Ranie Peningkatan Kesejahteraan Stakeholder pada Emiten yang Memiliki Kepedulian Pengungkapan Emisi Karbon, Etika Bisnis Dalam Tata Kelola Perusahaan dan Reaki Investor. Project Report. Pusat Pengembangan dan Penelitian Akuntansi. (Unpublished)

[img] Text
lap pnlt peningkatan kesejahteraan.pdf

Download (659kB)

Abstract

Perusahaan memiliki tujuan memperoleh laba dan mensejahterakan pemangku kepentingan, dengan cara melakukan etika bisnis yang baik dalam tata kelola dengan memperhatikan emisi karbon dalam operasionalnya, kemudian melihat reaksi investor dari harga saham tidak normalnya. Pengembangan penelitian ini menggunakan teori legitimasi, stakeholder, dan behavior finance. Pengungkapan emisi karbon sampai dengan sekarang diperdebatkan, oleh karena itu tujuan penelitian ini melakukan investigasi pengungkapan emisi karbon sebagai salah satu etika bisnis dalam operasioal perusahaan, serta reaksi investor terhadap literasi emisi karbon. Penelitian ini dibagi atas dua bagian, yaitu pertama, pengungkapan emisi karbon dari sudut pandang manajer keuangan. Kedua, literasi emisi karbon dari sudut pandang perilaku investor. Ada pun pengungkapan emisi karbon sudut pandang manajer terkait dengan kinerja perusahaan, nilai perusahaan, dan reaksi tingkat kepercayaan investor. Sedangkan sudut pandang perilaku investor, terdiri dari dua kategori investor sadar akan literasi emisi karbon dan laporan berkelanjutam, serta investor yang tidak peduli akan lingkungan hidup maupun laporan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda untuk menguji sudut pandang manajer keuangan, dan experiment untuk menguji sudut pandang investor. Eksperimen yang digunakan adalah kuasi eksperimen 2x2 between subjek, dimana investor yang dijadikan objek eksperimen adalah mahasiswa yang telah mengambil etika bisnis, investasi, portofolio, dan pasar modal. Hasilnya menunjukkan biaya ekuitas menjadi fully moderator antara pengungkapan emisi karbon dan tingkat kepercayaan investor. Hasil model F-Test signifikan bila ada biaya emisi dalamnya, sedangkan literasi emisi karbon pada investor berpengaruh juga terhadap keputusan investasi, dikarenakan ada perbedaan antar investor yang literasi emsi karbon tinggi dengan literasi emisi karbon yang rendah. Kontribusi penelitian ini adalah investor maupun perusahaan yang lebih peduli terhadap emisi karbon memberikan perbedaan yang signifikan untuk tingkat kepercayaan investor.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Capital
300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Stock Exchange
Depositing User: Ms Yusni Warastuti
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:18
Last Modified: 05 Feb 2024 01:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item