Relevansi Nilai Informasi Akuntansi dan Perilaku Investor di Pasar Modal Indonesia: Sisi Pembelian dan Penjualan Saham LQ 45 (Periode 2010-2012)

Elizabeth Lucky Maretha S, Lucky and Yusni Warastuti, YW and Heribertus Sri Sulistyanto, Sulis Relevansi Nilai Informasi Akuntansi dan Perilaku Investor di Pasar Modal Indonesia: Sisi Pembelian dan Penjualan Saham LQ 45 (Periode 2010-2012). Project Report. Pusat Pengembangan dan Penelitian Akuntansi. (Unpublished)

[img] Text
Final Laporan penelitian p3a 2014 (lengkap).pdf

Download (512kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menginvestigasi nilai relevansi informasi akuntansi (EPS, BVE, dan CFO)terhadap keputusan membeli dan memegang saham (buy and hold). Serta menginvestigasi nilai relevansi informasi akuntansi (EPS, BVE, dan CFO)terhadap keputusan menjual atau memegang saham (sell or hold). Penelitian ini menggunakan metode regresi dengan model abnormalreturn (BHAR) dan model price dengan menggunakan value sell-buy (VSB) investor domestik untuk melihat relevansi nilai informasi akuntansi terhadap perilaku membeli, menjual dan memegang saham di Pasar Modal Indonesia. Sampel perusahaan yang digunakan di penelitian ini semua peusahaan LQ45 yang muncul selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2012. Penelitian ini juga melihat pergerakan primary trend secara analisis teknikal yang kemudian terbagi atas tiga fase (akumulasi, partisipasi publik, dan distribusi). Hasil penelitian ini, pertama memperlihatkan adanya relevansi nilai informasi akuntansi EPS terhadap BHAR pada trend fase partisipasi publik. Kedua, adanya relevansi nilai informasi akuntansi EPS, BVE dan CFO terhadap VSB. Variabel EPS, BVE, dan CFO merupakan variabel yang diperhatikan oleh investor dalam melakukan transaksi beli, jual dan memegang saham, baik pada trend fase akumulasi, partisipasi publik, dan distribusi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Cooperatives
300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Capital
300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Investments
300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Stock Exchange
Depositing User: Ms Yusni Warastuti
Date Deposited: 05 Feb 2024 00:51
Last Modified: 05 Feb 2024 00:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34278

Actions (login required)

View Item View Item