PENGARUH PELATIHAN PSIKOEDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI RESILIENSI ANAK CERDAS ISTIMEWA (GIFTED)DAN IMPLIKASINYA PADA ANAK

Widyorini, Endang and Roswita, M. Yang and PRIMASTUTI, EMILIANA and WIJAYA, DANISWARA AGUSTA PENGARUH PELATIHAN PSIKOEDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI RESILIENSI ANAK CERDAS ISTIMEWA (GIFTED)DAN IMPLIKASINYA PADA ANAK. Insight : Jurnal Ilmiah Psikologi. (Unpublished)

[img] Text
BU IMA_PENGARUH PELATIHAN PSIKOEDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI RESILIENSI ANAK CERDAS I.pdf

Download (403kB)

Abstract

Anak cerdas Istimewa (gifted) dengan pola kepribadiannya yang khas antara lain sulit untuk menerima kegagalan dan cenderung memiliki masalah terkait resiliensi sehingga sering menimbulkan kesulitan orangtua dalam pengasuhannya. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan orangtua mengenai resiliensi anak gifted, dan implikasinya ada peningkatan resiliensi anak setelah hasil pelatihan diterapkan orang tua di rumah masing masing. Metode penelitian ini adalah quasi-experiment, dengan single group pretest-posttest. Partisipan adalah 16 orangtua yang memiliki anak gifted dan anggota dari Parents Support Group of Gifted Children yang bertempat tinggal di Yogyakarta dan 16 anak dari partisipan yang dipantau saat sebelum dan setelah orang tua mengikuti pelatihan. Instrumen untuk orang tua berupa tes tingkat pengetahuan materi pelatihan dan instrument untuk mengukur resiliensi anak menggunakan Brief Resilience Scale. Tindakan dalam eksperimen berupa psikoedukasi dengan metode pelatihan. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan orangtua tentang resiliensi anak gifted dan adanya peningkatan yang signifikan pada resiliensi anak gifted.

Item Type: Other
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Depositing User: Ms Theresia Alvita Saraswati
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:38
Last Modified: 30 Jan 2024 01:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34166

Actions (login required)

View Item View Item