BERMAIN GAME ONLINE SEBAGAI COPING STRES PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI

MAYLANI, ELLZADAY PUTRI (2023) BERMAIN GAME ONLINE SEBAGAI COPING STRES PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.E1.0179-ELLZADAY PUTRI MAYLANI-COVER_a.pdf

Download (619kB)
[img] Text
18.E1.0179-ELLZADAY PUTRI MAYLANI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
18.E1.0179-ELLZADAY PUTRI MAYLANI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
18.E1.0179-ELLZADAY PUTRI MAYLANI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
18.E1.0179-ELLZADAY PUTRI MAYLANI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
18.E1.0179-ELLZADAY PUTRI MAYLANI-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
18.E1.0179-ELLZADAY PUTRI MAYLANI-BAB VI_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
18.E1.0179-ELLZADAY PUTRI MAYLANI-DAPUS_a.pdf

Download (406kB)
[img] Text
18.E1.0179-ELLZADAY PUTRI MAYLANI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa kerap kali mengalami hambatan dalam mengerjakan skripsi yang menjadi syarat kelulusan. Adanya hambatan tersebut berpengaruh dalam proses pengerjaan skripsi yang membuat skripsi tidak kunjung selesai. Hal ini berdampak pada mahasiswa yang merasa tertekan dengan permasalahan tersebut dan mengalami stress. Mahasiswa berupaya untuk menghilangkan atau mengurangi stres dengan bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami strategi coping stress dengan bermain game online pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif fenomenologi. Partisipan penelitian terdiri dari 3 mahasiswa Universitas Katholik Soegijapranata. Temuan penelitian ini menggambarkan bermain game online sebagai coping stres pada mahasiswa yang mengerjaakan skripsi dengan strategi yang berfokus pada emosi (emotion-focused coping) diantaranya: mencari dukungan emosional dari teman, bermain game online sebagai hiburan membuat mahasiswa lebih siap mengerjakan skripsi, game online sebagai pengalihan sumber stres, game online mengubah pesepsi mahasiswa untuk menerima sumber stres yang tidak dapat diubah. Temuan lainnya meliputi gejala psikologis; merasa tertekan, sulit mengambil keputusan, suka menyediri, dsb, gejala fisiologis; sulit tidur, gejala perilaku; suka melamun, serta efektivitas dari penggunaan bermain game online sebagai strategi coping yang dapat mengelola reaksi negatif stres menjadi lebih positif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Job Stress
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 12 Dec 2023 00:26
Last Modified: 12 Dec 2023 00:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33913

Actions (login required)

View Item View Item