PENGARUH SERVICE, ACCESSIBILITY, SAFETY – SECURITY, DAN COMFORT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA PENUMPANG TRANS JATENG

ANGGRAINI, DEWI (2023) PENGARUH SERVICE, ACCESSIBILITY, SAFETY – SECURITY, DAN COMFORT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA PENUMPANG TRANS JATENG. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
22.D3.0028-DEWI ANGGRAINI-COVER_a.pdf

Download (514kB)
[img] Text
22.D3.0028-DEWI ANGGRAINI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
22.D3.0028-DEWI ANGGRAINI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
22.D3.0028-DEWI ANGGRAINI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
22.D3.0028-DEWI ANGGRAINI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
22.D3.0028-DEWI ANGGRAINI-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
22.D3.0028-DEWI ANGGRAINI-DAPUS_a.pdf

Download (304kB)
[img] Text
22.D3.0028-DEWI ANGGRAINI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bagi perkotaan, transportasi memegang peranan yang cukup menentukan. Kota yang baik antara lain ditandai dengan kondisi transportasinya. Dalam hal angkutan umum, pemerintah dinilai berhasil apabila dapat memberikan pelayanan angkutan umum yang memuaskan masyarakat dan dapat menjadikan angkutan umum sebagai prioritas utama masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel pelayanan, aksesibilitas, keselamatan-keamanan, dan kenyamanan terhadap kepuasan dan loyalitas. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis variabel kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi terhadap loyalitas penumpang bus Trans Jateng Koridor Semarang-Bawen. Data dikumpulkan dari 100 penumpang bus Trans Jateng di Koridor Semarang-Bawen dan 100 penumpang bus Trans Jateng di Koridor Semarang-Kendal. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan hasil yang berbeda dimasing-masing obyek penelitian. Pada Trans Jateng sendiri ke 4 variabel yaitu variabel pelayanan/service, variabel aksesibilitas/accessibility, variabel keselamatan - keamanan/safety – security dan variabel kenyamanan/comfort tidak ada yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan hanya variabel keselamatan - keamanan/safety – security yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas penumpang Trans Jateng. Sedangkan dari hasil analisis regresi linier berganda pada Trans Jateng Koridor Semarang – Bawen hanya variabel pelayanan/service dan kenyamanan/comfort yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Trans Jateng koridor Semarang – Bawen. Dan hanya variabel keselamatan - keamanan/safety - security yang berpengaruh positif dan signifikan serta berpengaruh langsung terhadap loyalitas Trans Jateng koridor Semarang – Bawen. Dari analisis regresi linier berganda yang dilakukan pada obyek penelitian Trans Jateng Koridor Semarang – Kendal didapatkan hasil bahwa variabel pelayanan/service, variabel aksesibilitas/ accessibility, variabel keselamatan - keamanan/safety – security dan variabel kenyamanan/comfort tidak berpengaruh secara signifikan baik terhadap kepuasan konsumen maupun loyalitas Trans Jateng Koridor Semarang - Kendal. viii Hasil analisis regresi linier berganda pada variabel pemediasi yaitu kepuasan konsumen menunjukkan hasil bahwa pada Trans Jateng dan Trans Jateng koridor Semarang – Bawen variabel kepuasan konsumen merupakan variabel mediasi parsial (partial mediation) karena setelah memasukkan variabel mediasi, pengaruh variabel keselamatan - keamanan/safety – security yang tadinya signifikan tetap menjadi signifikan dan untuk variabel pelayanan/ service, variabel aksesibilitas/accessibility dan variabel kenyamanan/comfort yang tadinya tidak signifikan tetap tidak signifikan. Hasil yang sama ditunjukkan pada Trans Jateng koridor Semarang – Kendal bahwa variabel kepuasan konsumen merupakan variabel mediasi parsial (partial mediation) karena setelah memasukkan variabel mediasi, pengaruh variabel pelayanan/ service, variabel aksesibilitas/accessibility, variabel keselamatan - keamanan/safety – security dan variabel kenyamanan/comfort yang tadinya tidak signifikan tetap tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Satisfication
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:34
Last Modified: 08 Dec 2023 02:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33875

Actions (login required)

View Item View Item