WEB SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK IURAN DI PERUMAHAN TAMAN KRADENAN ASRI

NAMUDANI, NINGGAR (2023) WEB SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK IURAN DI PERUMAHAN TAMAN KRADENAN ASRI. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.N1.0018-NINGGAR NAMUDANI-COVER_a.pdf

Download (409kB)
[img] Text
19.N1.0018-NINGGAR NAMUDANI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
19.N1.0018-NINGGAR NAMUDANI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
19.N1.0018-NINGGAR NAMUDANI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
19.N1.0018-NINGGAR NAMUDANI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
19.N1.0018-NINGGAR NAMUDANI-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
19.N1.0018-NINGGAR NAMUDANI-DAPUS_a.pdf

Download (216kB)
[img] Text
19.N1.0018-NINGGAR NAMUDANI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)

Abstract

Dalam kehidupan di suatu perumahan, biasanya diberlakukan mengenai sistem pembayaran iuran sosial yang ditujukan untuk keperluan tertentu. Pada Perumahan Taman Kradenan Asri, diberlakukan beberapa iuran. Sistem yang digunakan saat ini masih diberlakukan secara konvensional, dimana orang yang ditugaskan untuk mengambil tagihan iuran mencatat kapan pembayaran dilakukan pada sebuah buku dan dikarenakan ada beberapa iuran, maka dibutuhkan beberapa buku yang disesuaikan dengan jenis iurannya. Sistem ini membutuhkan tenaga dan biaya lebih, dan memungkinkan terjadinya human error, selain itu para warga tidak bisa mengakses untuk melakukan pengecekan mengenai tagihan mereka. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan judul “Web Sistem Informasi Manajemen Keuangan untuk Iuran di Perumahan Taman Kradenan Asri” dengan tujuan membuat sebuah sistem informasi berbasis web yang dapat memudahkan para petugas yakni bendahara dan petugas keamanan dalam melakukan proses pendataan dan para warga dapat melakukan pengecekan mengenai data iuran yang sudah maupun dibayarkan oleh warga terkait. Sebelum merancang sistem terkait, dilakukan diskusi dengan calon pengguna mengenai kebutuhan pengguna dan kemudian akan dilakukan penyesuaian pada rancangan perangkat lunak (Arsitektur Desain) mengenai sistem yang akan dirancang. Halaman web ini menerapkan konsep CRUD (Create, Read, Update, dan Delete) dan menghubungkan dengan database MySQL yang dipergunakan untuk menyimpan data secara real-time. Sistem ini memiliki sisi admin (Ketua RT, Bendahara, dan Petugas Keamanan) dan warga. Dimana hak akses paling banyak dipegang oleh Ketua RT yang dapat melakukan pemantauan mengenai seluruh kegiatan pendataan baik dari kegiatan arisan maupun iuran keamanan, kemudian pada sisi petugas yang melakukan pencatatan dapat melakukan proses penambahan, pembaruan, dan penghapusan mengenai data tagihan iuran. Serta bendahara dapat melakukan pengundian arisan secara online dan petugas keamanan dimudahkan dalam koordinasi pengambilan iuran keamanan dengan para warga. Sedangkan pada sisi warga, dapat melihat data iuran ix yang sudah terbayarkan dan membuat janji untuk pengambilan iuran. Dalam pengujian sistem ini dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap pihak yang terkait dan dari hasil wawancara tersebut menunjukkan bahwa sistem yang dirancang dapat memudahkan proses pencatatan dan pengecekan mengenai tagihan iuran dari sisi petugas maupun warga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:00
Last Modified: 08 Dec 2023 02:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33844

Actions (login required)

View Item View Item