PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE FIFA MOBILE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI SISWA SMP NEGERI 17 SEMARANG

ARDIYANTO, MUHAMMAD ARRIL (2023) PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE FIFA MOBILE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI SISWA SMP NEGERI 17 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.M1.0050-MUHAMMAD ARRIL ARDIYANTO-COVER_a.pdf

Download (613kB)
[img] Text
19.M1.0050-MUHAMMAD ARRIL ARDIYANTO-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text
19.M1.0050-MUHAMMAD ARRIL ARDIYANTO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
19.M1.0050-MUHAMMAD ARRIL ARDIYANTO-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
19.M1.0050-MUHAMMAD ARRIL ARDIYANTO-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.M1.0050-MUHAMMAD ARRIL ARDIYANTO-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
19.M1.0050-MUHAMMAD ARRIL ARDIYANTO-DAPUS_a.pdf

Download (442kB)
[img] Text
19.M1.0050-MUHAMMAD ARRIL ARDIYANTO-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh dari bermain game online FIFA Mobile terhadap perilaku komunikasi siswa SMP Negeri 17 Semarang. Game online adalah permainan dengan menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Adanya game online memiliki pengaruh yang beraneka ragam seperti berpotensi kecanduan karena bermain dalam waktu yang lama secara terus-menerus serta berpengaruh untuk perilaku komunikasinya. Salah satu game online yang ramai dimainkan adalah FIFA Mobile. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bermain game online FIFA Mobile terhadap perilaku komunikasi siswa SMP Negeri 17 Semarang? Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh bermain game online FIFA Mobile terhadap perilaku komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form. Data yang dikumpulkan didapatkan dari siswa SMP Negeri 17 Semarang yang bermain game online FIFA Mobile dengan membagikan link google form kuesioner. Dalam penelitian ini responden terdiri dari 89 siswa yang diantaranya 71 responden laki-laki dan 18 responden perempuan. Pada penelitian ini diketahui bahwa adanya pengaruh yang kuat dan positif dari bermain game yang di dapatkan dari hasil analisis koefisien korelasi dan uji regresi linier sederhana. Pada analisis koefisien korelasi menunjukkan nilai 0,724 yang berarti nilai tersebut > 0,05 yang menunjukkan adanya korelasi atau hubungan yang kuat, sementara itu untuk uji regresi linier sederhana yang nilai koefisien regresi linier sebesar 0,878 dan menunjukkan nilai positif. Selain itu pada hasil uji regresi koefisien determinasi nilai koefisien korelasi (R) = 0,724 dan koefisien determinasi (R Square) = 0,524 atau 52,4%. Berdasarkan dari hasil uji regresi koefisien determinasi menunjukkan jika bermain game online mempengaruhi perilaku komunikasi sebesar 52,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Social Problems > Social Interaction
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:59
Last Modified: 08 Dec 2023 01:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33838

Actions (login required)

View Item View Item