PELINDUNGAN HUKUM BAGI DOKTER PADA SENGKETA MEDIS AKIBAT MISPERSEPSI ANTARA DOKTER DENGAN PERAWAT (STUDI KASUS PADA KLINIK PRATAMA TITIAN MEDIKA DAN KLINIK PRATAMA dr. THERESSIA DI YOGYAKARTA)

UTAMI, MIRA FEBRIANTY (2023) PELINDUNGAN HUKUM BAGI DOKTER PADA SENGKETA MEDIS AKIBAT MISPERSEPSI ANTARA DOKTER DENGAN PERAWAT (STUDI KASUS PADA KLINIK PRATAMA TITIAN MEDIKA DAN KLINIK PRATAMA dr. THERESSIA DI YOGYAKARTA). Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
20.C2.0027-MIRA FEBRIANTY UTAMI-COVER_a.pdf

Download (580kB)
[img] Text
20.C2.0027-MIRA FEBRIANTY UTAMI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
20.C2.0027-MIRA FEBRIANTY UTAMI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
20.C2.0027-MIRA FEBRIANTY UTAMI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
20.C2.0027-MIRA FEBRIANTY UTAMI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
20.C2.0027-MIRA FEBRIANTY UTAMI-DAPUS_a.pdf

Download (330kB)
[img] Text
20.C2.0027-MIRA FEBRIANTY UTAMI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)

Abstract

Hubungan antara dokter dan perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien adalah sebuah kemitraan yang baik, di mana masing-masing pihak memiliki peran penting untuk menjalankan tugas, kewajiban dan tanggung jawab. Rumusan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini tentang hal-hal yang mempengaruhi terjadinya mispersepsi antara dokter dengan perawat sehingga dapat menimbulkan sengketa medis, pelindungan hukum bagi dokter apabila terjadi sengketa medis yang timbul akibat mispersepsi antara dokter dengan perawat dan solusi agar tidak terjadi mispersepsi antara dokter dengan perawat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis sosiologis, dimana meneliti hubungan timbal balik yang dikaitkan secara riil dengan variable-variable sosial yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlunya komunikasi yang baik dan pemahaman di antara dokter dengan perawat untuk menghindari konflik yang dapat merugikan pasien dan profesi medis. Pelindungan hukum bagi dokter dalam sengketa medis merupakan aspek penting dalam memastikan kelangsungan praktik medis yang berkualitas. Khususnya dalam kasus mispersepsi antara dokter dan perawat, Penelitian ini memberikan wawasan tentang peran penting aspek hukum dalam mendukung kolaborasi yang efektif di dalam tim medis. Selain itu juga perlu pemahaman yang lebih baik tentang upaya pelindungan hukum bagi dokter dalam konteks menghindari terjadinya sengketa medis, khususnya ketika terjadi mispersepsi antara dokter dan perawat. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu dalam meningkatkan praktik medis yang aman dan berkualitas serta mendorong pengembangan pedoman yang lebih baik untuk mengelola sengketa medis di lingkungan pelayanan kesehatan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:50
Last Modified: 08 Dec 2023 01:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33805

Actions (login required)

View Item View Item