PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KESEHATAN TERHADAP TERJADINYA RISIKO TINDAKAN PADA OPERASI MAYOR KEBIDANAN EMERGENSI DI RSIA DIAN PERTIWI KARANGANYAR

MASSA, JAYA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KESEHATAN TERHADAP TERJADINYA RISIKO TINDAKAN PADA OPERASI MAYOR KEBIDANAN EMERGENSI DI RSIA DIAN PERTIWI KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C2.0028-JAYA MASSA-COVER_a.pdf

Download (416kB)
[img] Text
19.C2.0028-JAYA MASSA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
19.C2.0028-JAYA MASSA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
19.C2.0028-JAYA MASSA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
19.C2.0028-JAYA MASSA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
19.C2.0028-JAYA MASSA-DAPUS_a.pdf

Download (280kB)
[img] Text
19.C2.0028-JAYA MASSA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

RSIA Dian Pertiwi Karanganyar merupakan Rumah sakit khusus tipe C di Kabupaten Karanganyar, yang menangani pasien dengan kehamilan dan persalinan risiko tinggi, keadaan ini berakibat pada meningkatnya operasi mayor kebidanan emergensi dan meningkatkan komplikasi dari tindakan tersebut. Peningkatan komplikasi tindakan operasi mayor kebidanan emergensi berbanding lurus dengan peningkatan permasalahan hukum yang akan dihadapi oleh tenaga kesehatan selaku Tim Operasi sebagai pelaksana operasi kebidanan emergensi sehingga diperlukan adanya pelindungan hukum. Pelaksanaan perlindungan hukum pada penelitian ini meliputi perlindungan hukum preventif dan represif yang dititikberatkan pada produk hukum internal RSIA berupa hospital bylaws dan peraturan tehnis medis serta dikaitkan dengan hasil kinerja Tim Operasi selaku pelaksana tindakan operasi kebidanan emergensi. Metode penelitian ini adalah yuridis sosiologis dengan pengumpulan data melalui studi lapangan yaitu wawancara dan studi kepustakaan dan menggunakan analisa deskriptif dilakukan pada tahun 2022. Hasil penelitian bahwa pengaturan perlindungan hukum meliputi segi norma hukum dan bentuk atau tehnis pengaturan hukum bagi tenaga kesehatan telah terpenuhi dengan baik, demikian pula dengan pelaksanaan dari pelindungan hukum terhadap tenaga kesehatan yang meliputi pihak terkait, bentuk perlindungan hukum dan ruang lingkup pelaksanaan pelindungan hukum. Satu kasus fatal akibat atonia uteri yang terjadi paska operasi perlu dicermati Manajemen Rumah Sakit dan Tim Operasi, untuk mencegah kasus fatal terulang kembali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:47
Last Modified: 08 Dec 2023 01:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33797

Actions (login required)

View Item View Item