PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU EKSPLOITASI SEKSUAL PADA ANAK SEBAGAI KORBAN (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 770/PID.SUS/2021/PN SMG)

MEISYA, KAWEDA (2023) PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU EKSPLOITASI SEKSUAL PADA ANAK SEBAGAI KORBAN (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 770/PID.SUS/2021/PN SMG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C1.0156-KAWEDA MEISYA-COVER_a.pdf

Download (252kB)
[img] Text
19.C1.0156-KAWEDA MEISYA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
19.C1.0156-KAWEDA MEISYA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.C1.0156-KAWEDA MEISYA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
19.C1.0156-KAWEDA MEISYA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
19.C1.0156-KAWEDA MEISYA-DAPUS_a.pdf

Download (129kB)
[img] Text
19.C1.0156-KAWEDA MEISYA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi dewasa ini adalah masih maraknya kejahatan terhadap anak dijadikan sebagai sasaran predator seksual. Dimana anak menjadi korban tindak pidana eksploitasi seksual. Mengingat bahwa kegiatan eksploitasi seksual melibatkan anak merupakan suatu perbuatan melanggar hukum, oleh karena itu pemerintah dan semua pihak wajib memberi perlindungan anak sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Anak terlebih perlindungan khusus bagi anak yang telah menjadi korban eksploitasi seksual, dan dengan semaksimal mungkin menekan angka kriinalitas atau tindak pidana yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga diperlukan pelaksanaan penerapan pidana pada pelaku eksploitasi seksual dengan korban anak. Metode penelitian yang digunakan penulis untuk menganalisis penelitian ini yaitu dengan metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti objek tertentu secara ilmiah dimana peneliti adalah instrumen, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, analisis data bersifat induktif agar menghasilkan data deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yakni dengan mengkaji serta meneliti bahan-bahan keputustakaan sebagai bahan hukum primer. Tidak hanya itu, dalam menyusun penelitian ini juga menggunakan pendekatan kasus dengan menampilkan kasus hukum. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat Penulis melalui wawancara dengan Hakim di Pengadilan Negeri Semarang, penerapan sanksi pidana yang dijatuhkan oleh Hakim bagi pelaku yang melakukan eksploitasi seksual terhadap anak telah sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh UU SPPA. Tidak hanya itu, pertimbangan-pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan putusan juga telah memperhatikan berbagai aspek sehingga pertimbangan-pertimbangan tersebut menghasilkan putusan yang mengedepankan kepetingan terbaik bagi anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Sexual Behavior
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 08 Dec 2023 00:40
Last Modified: 08 Dec 2023 00:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33774

Actions (login required)

View Item View Item