HUBUNGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMAN X KABUPATEN BEKASI

PUTRA, CEVITO RAHADIAN SATYA (2023) HUBUNGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMAN X KABUPATEN BEKASI. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.E1.0180-Cevito Rahadian Satya Putra-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.E1.0180-Cevito Rahadian Satya Putra-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
19.E1.0180-Cevito Rahadian Satya Putra-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
19.E1.0180-Cevito Rahadian Satya Putra-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
19.E1.0180-Cevito Rahadian Satya Putra-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text
19.E1.0180-Cevito Rahadian Satya Putra-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
19.E1.0180-Cevito Rahadian Satya Putra-BAB VI_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
19.E1.0180-Cevito Rahadian Satya Putra-DAPUS_a.pdf

Download (712kB)
[img] Text
19.E1.0180-Cevito Rahadian Satya Putra-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kebiasaan bermain game online membuat individu terasing dari lingkungannya. kecanduan bermain game online umumnya dilakukan seorang diri, dan itu dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Semakin kecanduan game online, semakin sedikit waktu yang tersedia untuk berinteraksi dengan teman seusianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan kecanduan game online dengan interaksi sosial pada siswa SMAN X di kabupaten Bekasi. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara kecanduan game online dengan interaksi sosial pada siswa SMAN X di kabupaten Bekasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 111 orang yang bermain game online dengan usia 15-18 tahun dan merupakan siswa SMAN X di kabupaten Bekasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling insidental. Skala pengukuran penelitian yang digunakan adalah skala Kecanduan Game Online dan skala interaksi sosial. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Spearman dengan nilai Rho = -0,298 dengan nilai signifikansi 0.001 (p<0.01) artinya terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecanduan game online dengan interaksi sosial. Semakin tinggi tingkat kecenderungan kecanduan game online maka semakin rendah tingkat interaksi sosial, begitu juga sebaliknya. Hipotesis yang diajukan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara kecanduan game online dengan interaksi sosial pada siswa SMAN X di Kabupaten Bekasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Comparative Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 27 Nov 2023 05:19
Last Modified: 27 Nov 2023 05:19
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33691

Actions (login required)

View Item View Item