PERBEDAAN PERILAKU ASERTIF ANTARA INDEPENDENT SELF-CONSTRUAL DAN INTERDEPENDENT SELF-CONSTRUAL PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI KOTA SEMARANG

FEBRIANTY, JESSICA SHERLY (2023) PERBEDAAN PERILAKU ASERTIF ANTARA INDEPENDENT SELF-CONSTRUAL DAN INTERDEPENDENT SELF-CONSTRUAL PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.E1.0141-Jessica Sherly Febrianty-COVER_a.pdf

Download (476kB)
[img] Text
19.E1.0141-Jessica Sherly Febrianty-BAB_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
19.E1.0141-Jessica Sherly Febrianty-DAPUS_a.pdf

Download (440kB)
[img] Text
19.E1.0141-Jessica Sherly Febrianty-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Budaya pasif dan malu bertanya menjadi potret pendidikan di Indonesia. Di lingkup perguruan tinggi pun tidak terlepas dari budaya ini, terutama terjadi pada mahasiswa tahun pertama. Mahasiswa pasif merupakan bentuk kurangnya perilaku asertif. Penelitian sebelumnya menemukan adanya berbagai faktor yang memengaruhi perilaku asertif, salah satunya adalah self-construal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku asertif antara independent selfconstrual dan interdependent self-construal pada mahasiswa tahun pertama di kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan incidental sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama jenjang S1 di kota Semarang yang berusia 18-21 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dalam bentuk google form. Untuk mengukur variabel yang diteliti, peneliti menggunakan dua skala adaptasi dari Assertiveness Formative Questionnaire milik Erickson dan Noonan serta Singelis Self-Construal Scale milik Singelis. Terdapat 151 mahasiswa/i yang menjadi responden dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan independent t-test. Hasilnya menunjukkan nilai rata-rata perilaku asertif untuk kelompok interdependent self-construal sebesar 53,96 dan kelompok independent self-construal sebesar 69,32 serta p<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada perilaku asertif antara independent self-construal dan interdependent self-construal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:57
Last Modified: 22 Nov 2023 06:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33671

Actions (login required)

View Item View Item