HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA GAME ONLINE GENSHIN IMPACT

FEBRIANTY, WENNIDEA (2023) HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA GAME ONLINE GENSHIN IMPACT. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
18.E1.0243-Wennidea Febrianty-COVER_a.pdf

Download (854kB)
[img] Text
18.E1.0243-Wennidea Febrianty-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
18.E1.0243-Wennidea Febrianty-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
18.E1.0243-Wennidea Febrianty-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
18.E1.0243-Wennidea Febrianty-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
18.E1.0243-Wennidea Febrianty-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
18.E1.0243-Wennidea Febrianty-BAB VI_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
18.E1.0243-Wennidea Febrianty-DAPUS_a.pdf

Download (209kB)
[img] Text
18.E1.0243-Wennidea Febrianty-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kontrol diri dan pembelian impulsif merupakan topik menarik dalam bidang psikologi konsumen dan perilaku konsumen. Kontrol diri dianggap dapat memprediksi bagaimana konsumen membuat keputusan dalam berbelanja dan kegagalan dalam kontrol diri dapat menyebabkan terjadinya pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan pembelian impulsif pada game online Genshin Impact. Peneliti mengajukan hipotesis bahwa terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan pembelian impulsif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui skala yang disebarkan secara daring dengan melibatkan 500 orang pemain Genshin Impact yang berusia 18-29 tahun dan pernah melakukan pembelian item virtual. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson dengan hasil terdapat hubungan negatif dan sangat signifikan antara kontrol diri dengan kecenderungan pembelian impulsif. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Pearson sebesar -0,452 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,01). Oleh karena itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Semakin tinggi kontrol diri maka akan semakin rendah kecenderungan pembelian impulsif pada game online Genshin Impact dan berlaku sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotional Intellegience
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:48
Last Modified: 22 Nov 2023 03:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33626

Actions (login required)

View Item View Item