Penggunaan e-Marketplace untuk Pengrajin Tenun Sumba

Untari, Rustina and SANJAYA, RIDWAN (2020) Penggunaan e-Marketplace untuk Pengrajin Tenun Sumba. ECODEMICA (Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis), 4 (1). pp. 13-22. ISSN 2549 -8932

[img] Text
Turnitin_Penggunaan E Marketplace untuk Pengrajin Tenun Sumba.pdf

Download (929kB)
Official URL: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecode...

Abstract

Kain tenun Sumba memiliki sejarah panjang, keunikan dan kekhasannya menjadikan kain yang terkenal sampai mancanegara. Pengrajin menghadapi masalah antara harus segera menjual untuk mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sementara harga tenun Sumba tergolong mahal sehingga sulit laku. Oleh karena itu, perlu terobosan pemasaran sehingga pengrajin tenun Sumba dapat bertemu dengan konsumen yang lebih luas termasuk dari mancanegara. Dalam hal ini e-commerce dianggap sebagai upaya yang murah, efektif dan efisien dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kemungkian pengrajin tenun Sumba dalam mengaplikasikan e-marketplace. Kajiannya meliputi kemungkinan terjadinya transaksi, kemampuan pengrajin dalam mengoperasikan e�marketplace dan strategi yang dapat ditetapkan jika terjadi beberapa kesulitan atau hambatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode action research. Dalam penelitian ini action research dilakukan dengan cara mengadakan workshop dimana pada saat workshop terjadi kondisi kontekstual pengrajin mulai menggunakan marketplace, pada saat itu peneliti bertindak selaku pelatih sekaligus melakukan pengamatan dan wawancara untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat potensi pasar bagi produk tenun sumba dalam pasar e-commerce Indonesia, terutama di Jawa. Pengrajin tenun sumba dapat membuka mengoperasikan akun marketplace yang dimilikinya karena berbagai kemudahan yang ditawarkan aplikasi e-marketplace berbasis android dengan menggunakan smartphone. Terbuka kemungkinan untuk para pengrajin berkolaborasi dalam satu toko online di e-marketplace sehingga ketersediaan produk selain jumlahnya lebih banyak juga lebih bervariasi. Penelitian ini menyarankan adanya keterlibatan pihak ketiga dalam penjualan di e-marketplace dimungkinkan terjadi melalui fitur dropshipper.

Item Type: Article
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Rustina Untari
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:15
Last Modified: 23 Oct 2023 04:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33425

Actions (login required)

View Item View Item