Economic Token To Improve On-Task Behavior In Children With Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Arsati, HM and Suparmi, and Rahayu, E (2023) Economic Token To Improve On-Task Behavior In Children With Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Prosiding Seminar Nasional Sosial dan Humaniora: ”Mengembangakan kehidupan berbangsa yang lebih beradab”, 1 (1). pp. 701-710. ISSN 978-623-143-015-1 (PDF)

[img] Text
Prosiding Seminar Nasional Sosial Humaniora.pdf - Published Version

Download (21MB)
Official URL: http: www.sdupress.usd.ac.id

Abstract

Memusatkan perhatian pada tugas atau perilaku on-task merupakan salah satu keterbatasan yang dimiliki oleh anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Pada sisi lain, perilaku on-task ini seharusnya dimiliki oleh anak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan durasi perilaku on-task pada anak dengan gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder dengan menggunakan teknik token ekonomi. Desain eksperimen yang digunakan adalah single subject design model A-B-A. Intervensi dilakukan selama 10 kali pertemuan. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak dengan gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang berusia 9 tahun 9 bulan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi pada durasi perilaku on-task anak ketika mengerjakan tugas. Analisis data menggunakan analisis grafik. Efek dari intervensi dapat dilihat dari grafik durasi perilaku on-task yang diukur pada fase baseline 1, fase intervensi dan fase baseline 2. Hasil penelitian menemukan bahwa teknik token ekonomi mampu meningkatkan durasi perilaku on-task pada anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Ms Suparmi .
Date Deposited: 28 Oct 2023 01:29
Last Modified: 28 Oct 2023 01:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33296

Actions (login required)

View Item View Item