ANALISIS LAJU PERTUMBUHAN SERTA KONTRIBUSI PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI LIMA KOTA BESAR DI INDONESIA TAHUN 2017 - 2021

WICAKSONO, MUHAMAD SATRIO (2023) ANALISIS LAJU PERTUMBUHAN SERTA KONTRIBUSI PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI LIMA KOTA BESAR DI INDONESIA TAHUN 2017 - 2021. Project Report. Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Program Studi Perpajakan. (Unpublished)

[img] Text
18.H1.0042-Muhamad Satrio Wicaksono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendapatan asli daerah merupakan salah satu sumber bagi suatu daerah dalam menjalankan otonomi daerah. Pendapatan asli daerah bisa didapat melalui pajak dan retribusi daerah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui laju pertumbuhan serta kontribusi pajak dan retribusi daerah lima kota besar di Indonesia tahun 2017 – 2021. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk mendapatkan data sekunder yang diolah menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, laju pertumbuhan retribusi daerah tercepat berada di kota Bandung sebesar 12.71%, laju pertumbuhan retribusi terlambat berada di kota Surabaya sebesar -17.82%. Laju pertumbuhan pajak daerah tercepat berada di kota Bandung dengan angka 6.12% dan laju pertumbuhan pajak terlambat berada di kota Surabaya dengan angka 1.63%. Kontribusi pajak daerah terbesar berada di kota Jakarta Utara dengan rata-rata 86.35% dan kontribusi pajak terkecil berada di kota Semarang dengan rata-rata 69.68%. Kontribusi retribusi daerah terbesar berada di kota Surabaya dengan rata-rata 7.29% dan kontribusi retribusi terkecil berada di kota Jakarta Utara dengan rata-rata 1.34%. Saran untuk ke lima daerah tersebut adalah lebih ditingkatkan lagi untuk laju pertumbuhan dan kontribusi pajak dan retribusi daerahnya yang masih kecil, dan untuk laju pertumbuhan dan kontribusi pajak dan retribusi daerah yang sudah tinggi bisa di pertahankan atau bahkan lebih ditingkatkan lagi. Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pajak, Retribusi, Laju Pertumbuhan, Kontribusi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Taxation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Taxation
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:22
Last Modified: 13 Oct 2023 06:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33288

Actions (login required)

View Item View Item