PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI SADAR KEUANGAN SEJAK DINI

WIBOWO S, BENYAMIN PETER (2023) PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI SADAR KEUANGAN SEJAK DINI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.L1.0059-Benyamin Peter Wibowo - COVER_a.pdf

Download (185kB)
[img] Text
19.L1.0059-Benyamin Peter Wibowo - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
19.L1.0059-Benyamin Peter Wibowo - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
19.L1.0059-Benyamin Peter Wibowo - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
19.L1.0059-Benyamin Peter Wibowo - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.L1.0059-Benyamin Peter Wibowo - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
19.L1.0059-Benyamin Peter Wibowo - DAPUS_a.pdf

Download (259kB)
[img] Text
19.L1.0059-Benyamin Peter Wibowo - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)

Abstract

Rendahnya angka kesadaran keuangan di Indonesia menjadi sebuah hal yang memprihatinkan, didukung dengan fenomena hingga kasus rendahnya literasi keuangan di masyarakat yang memberi dampak tidak siap dalam memilki rencana keuangan dikemudian hari. Perlunya literasi keuangan, untuk membangun kebiasaan baik dalam mengatur keuangan hingga mampu membedakan mana kebutuhan dan keinginan sehingga pemberian edukasi keuangan sejak dini sangat mungkin untuk dilakukan. Adanya fenomena seorang anak yang membeli mainan di online shop hingga jutaan rupiah tidak dapat dipandang hal yang sepele, jika dilakukan secara terus menerus mampu mengubah pandangan anak kedepannya dalam menyikapi keuangan. Maka dari itu, perancangan ini bertujuan untuk memberi edukasi keuangan pada remaja awal usia 10-12 tahun mengenai cara mengatur keuangan, membedakan mana kebutuhan dan keinginan, serta membangun kebiasaan baik dalam menggunakan uang melalui media boardgame. Media pembelajaran boardgame mampu memberi edukasi serta pengalaman menarik, karena anak dapat belajar sambil bermain dengan simulasi permainan yang disajikan dari visual dan materi dari boardgame tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 13 Oct 2023 05:51
Last Modified: 13 Oct 2023 05:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33242

Actions (login required)

View Item View Item