PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN AKAN KEBIASAAN BERBELANJA DAN PENGOLAHAN MAKANAN YANG MENYEBABKAN FOOD WASTE BAGI USIA 23-25 TAHUN

PUTRI, LINDA PATRISIA SURYO (2023) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN AKAN KEBIASAAN BERBELANJA DAN PENGOLAHAN MAKANAN YANG MENYEBABKAN FOOD WASTE BAGI USIA 23-25 TAHUN. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.L1.0017-Linda Patrisia Suryo Putri - COVER_a.pdf

Download (208kB)
[img] Text
19.L1.0017-Linda Patrisia Suryo Putri - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
19.L1.0017-Linda Patrisia Suryo Putri - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
19.L1.0017-Linda Patrisia Suryo Putri - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
19.L1.0017-Linda Patrisia Suryo Putri - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text
19.L1.0017-Linda Patrisia Suryo Putri - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
19.L1.0017-Linda Patrisia Suryo Putri - DAPUS_a.pdf

Download (184kB)
[img] Text
19.L1.0017-Linda Patrisia Suryo Putri - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)

Abstract

Makan merupakan kegiatan pokok yang harus dipenuhi sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut, bahan pangan melewati berbagai tahap dan seleksi dalam rantai pasokan makanan (supply food chain). Namun, banyak masyarakat yang tidak mengetahui atau menghiraukan makanan yang terbuang selama rantai pasokan makanan tersebut. Makanan yang terbuang atau sampah makanan (food waste) timbul karena standar preferensi konsumen terhadap makanan. Pada akhirnya, sampah makanan tersebut akan menghasilkan gas metana yang dapat meningkatkan suhu bumi. Berdasar riset dan pendapat ahli, mendasari kegiatan konsumsi dengan sifat peduli lingkungan (eco-conscious) dapat meminimalisir sampah makanan. Apabila konsumen membangun kebiasaan untuk mendahulukan kepentingan lingkungan daripada kepentingan pribadi pada kegiatan konsumsi (seperti berbelanja bahan pangan, menyimpan makanan, memasak, hingga makan) maka jumlah emisi dari sampah makanan akan semakin menurun seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, dibuatlah perancangan media komunikasi visual animasi bagi masyarakat usia 23-25 tahun yang tengah belajar membangun kebiasaan konsumsi secara mandiri. Animasi berfokus pada konten ringan dan kasual, yaitu kegiatan belanja sebagai awal kegiatan konsumsi yang berperan penting mencegah sampah makanan terbentuk. Kemudian terdapat konten menyimpan makanan, memasak, makan, hingga mengolah sampah makanan yang sederhana namun krusial agar animasi semakin komprehensif. Animasi ini diharapkan dapat mengedukasi dan menghibur target sehingga semakin mengetahui dan bersimpati terhadap kerusakan lingkungan yang diakibatkan sampah makanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:03
Last Modified: 13 Oct 2023 01:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33217

Actions (login required)

View Item View Item