PEMBANGUNAN CITRA DAN REPUTASI POSITIF PEMERINTAH KOTA PAREPARE OLEH DISKOMINFO KOTA PAREPARE MELALUI AKUN INSTAGRAM @HUMASKOTAPAREPARE PERIODE TAHUN 2018-2023

SIREGAR, DIAN PASKAH (2023) PEMBANGUNAN CITRA DAN REPUTASI POSITIF PEMERINTAH KOTA PAREPARE OLEH DISKOMINFO KOTA PAREPARE MELALUI AKUN INSTAGRAM @HUMASKOTAPAREPARE PERIODE TAHUN 2018-2023. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
19.M1.0088-DIAN PASKAH SIREGAR - COVER_a.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
19.M1.0088-DIAN PASKAH SIREGAR - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
19.M1.0088-DIAN PASKAH SIREGAR - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
19.M1.0088-DIAN PASKAH SIREGAR - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
19.M1.0088-DIAN PASKAH SIREGAR - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
19.M1.0088-DIAN PASKAH SIREGAR - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
19.M1.0088-DIAN PASKAH SIREGAR - DAPUS_a.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
19.M1.0088-DIAN PASKAH SIREGAR - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)

Abstract

Diskominfo Kota Parepare bertugas membangun citra dan reputasi positif yang diuraikan dalam Perwal Parepare No. 65 Tahun 2021, berpedoman pada Permenpan & RB No. 30 Tahun 2011. Dalam Perwal tersebut, dijabarkan tugas Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Publik Diskominfo Publik dalam membangun citra dan reputasi positif adalah mengelola informasi, aspirasi, dan media komunikasi publik melalui media komunikasi. Citra dan reputasi yang berhasil dibangun dapat membentuk kepercayaan dan dukungan dari publik terhadap pemerintah kota. Hal itu mendasari peneliti untuk meneliti pembangunan citra dan reputasi positif Pemerintah Kota Parepare oleh Diskominfo Kota Parepare melalui akun instagram @humaskotaparepare periode tahun 2018-2023. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengolah data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data, Diskominfo Kota Parepare membangun citra positif Pemerintah Kota Parepare dengan mengunggah konten mengenai pemerintah yang melakukan pelayanan hak dasar. Diskominfo Kota Parepare membangun reputasi positif pemerintah kota dengan memberikan masukan kepada walikota dan wakil walikota untuk melaksanakan aksi yang dapat membangun citra dan reputasi pemerintah kota. Aksi ini dikemas dalam bentuk konten yang diunggah ke instagram, sehingga dapat membangun citra positif pemerintah kota. Dalam membangun citra dan reputasi, tim ahli kehumasan Diskominfo Parepare juga berkoordinasi dengan Kelompok Informasi Masyarakat dan tim humas yang dibentuk di setiap Organisasi Perangkat Daerah untuk mendapatkan informasi mengenai reputasi dari kegiatan dan inovasi. Pemanfaatan buzzer dilakukan untuk menyebarluaskan informasi dan mengubah citra negatif menjadi positif. Dalam koordinasi dengan eksternal, humas menyusun konsep dan informasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Dalam koordinasinya dengan internal, humas melakukan evaluasi bulanan dan triwulan untuk menilai unggahan satu bulan kebelakang dan kinerja tim selama tiga bulan. Dari unggahan instagram, ditemukan bahwa masyarakat menunjukkan dukungan dan ketertarikan kepada pemerintah kota dengan memberikan tanda suka dan komentar pada unggahan, yang menunjukkan bahwa citra dan reputasi pemerintah kota dapat dibangun oleh Diskominfo Kota Parepare secara positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:53
Last Modified: 09 Oct 2023 04:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33151

Actions (login required)

View Item View Item