POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PELAKSANAAN TUGAS KEPALA DESA DI DESA BRANJANG, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG

DAMALEDO, ADINDA BELLAMARIA SUZANA (2023) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PELAKSANAAN TUGAS KEPALA DESA DI DESA BRANJANG, KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.M1.0076-ADINDA BELLAMARIA SUZANA DAMALEDO - COVER_a.pdf

Download (746kB)
[img] Text
19.M1.0076-ADINDA BELLAMARIA SUZANA DAMALEDO - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
19.M1.0076-ADINDA BELLAMARIA SUZANA DAMALEDO - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
19.M1.0076-ADINDA BELLAMARIA SUZANA DAMALEDO - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
19.M1.0076-ADINDA BELLAMARIA SUZANA DAMALEDO - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
19.M1.0076-ADINDA BELLAMARIA SUZANA DAMALEDO - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
19.M1.0076-ADINDA BELLAMARIA SUZANA DAMALEDO - DAPUS_a.pdf

Download (132kB)
[img] Text
19.M1.0076-ADINDA BELLAMARIA SUZANA DAMALEDO - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)

Abstract

Tujuan komunikasi organisasi adalah untuk memudahkan, melaksanakan, dan melancarkan jalannya sebuah organisasi. Salah satu tantangan besar dalam komunikasi organisasi adalah bagaimana menyampaikan informasi dari seluruh bagian organisasi. Informasi yang disampaikan dalam suatu organisasi dapat menggunakan pola komunikasi tertentu yakni; pola rantai, pola roda, pola lingkaran, pola huruf Y, dan pola saluran bebas. Pemerintah Desa sebagai salah satu bentuk dari organisasi di instansi pemerintahan, juga dibekali dengan peraturan yakni Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Objek dalam penelitian ini adalah Kantor Desa Branjang, Kabupaten Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; "Bagaimana Pola Komunikasi Organisasi Dalam Pelaksanaan Tugas Kepala Desa Di Desa Branjang, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi organisasi dalam pelaksanaan tugas Kepala Desa di Desa Branjang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sehingga data yang didapatkan sesuai dengan kondisi nyata. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti, dapat diketahui bahwa pelaksanaan tugas Kepala Desa berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa pasal 7 ayat (1) khususnya pada poin g dan poin h telah terlaksana. Pada pelaksanaan kewajiban Kepala Desa poin g, bentuk dari kerja sama dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di desa yang dilaksanakan adalah dengan menyelesaikan pekerjaan dan permasalahan yang ada pada tingkat Kantor Desa serta dengan adanya Musrenbang Desa dan RPJM Desa. Pada pelaksanaan kewajiban Kepala Desa poin h, bentuk dari administrasi pemerintahan desa yang dilaksanakan adalah adanya surat-menyurat, arsip, peta, buku pajak, dan kartu inventarisasi ruangan. Pada Kantor Desa Branjang, pola komunikasi yang paling banyak digunakan adalah pola saluran bebas dan pola lingkaran. Sedangkan pola yang ada namun sesekali digunakan adalah pola rantai dan pola yang tidak digunakan pada Kantor Desa Branjang adalah pola roda dan pola huruf Y.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:50
Last Modified: 09 Oct 2023 04:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33146

Actions (login required)

View Item View Item