EDUKASI VAKSINASI BERBASIS GAME

KRISTIAWAN, BIMO ADITYA (2023) EDUKASI VAKSINASI BERBASIS GAME. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
18.N2.0002-Bimo Aditya Kristiawan - COVER_a.pdf

Download (220kB)
[img] Text
18.N2.0002-Bimo Aditya Kristiawan - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
18.N2.0002-Bimo Aditya Kristiawan - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
18.N2.0002-Bimo Aditya Kristiawan - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
18.N2.0002-Bimo Aditya Kristiawan - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text
18.N2.0002-Bimo Aditya Kristiawan - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
18.N2.0002-Bimo Aditya Kristiawan - DAPUS_a.pdf

Download (94kB)
[img] Text
18.N2.0002-Bimo Aditya Kristiawan - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Pembuatan Game edukasi vaksin berfungsi untuk menarik minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Karena kampanye vaksin melalui Game lebih menarik dibandingkan dengan kampanye vaksin melalui kampanye kesehatan melalui media cetak seperti flyer, leaflet, booklet, rubik dan poster. Game yang dibuat berisi tentang edukasi terkait vaksinasi Covid-19. Melalui Game ini diharapkan kampanye terkait Covid-19 akan lebih maksimal terutama pada anak – anak. Tujuan pada penelitian ini adalah: Untuk menemukan cara merancang game agar dapat mengedukasi masyarakat agar bersedia menerima vaksinasi Covid-19, Untuk menemukan cara membuat game edukasi tentang vaksin Covid-19, Untuk mengetahui hubungan antara Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha dan Motivasi Hedonis terhadap Niat Perilaku keinginan bermain terus. Game ini dikembangkan dengan metode waterfall dan telah melewati setiap tahap metode tersebut. Game ini dibuat menggunakan construct construct menjadi 2D game engine berbasis HTML5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi ini dapat meningkatkan minat anak-anak untuk vaksin dan mengurangi rasa takut untuk vaksin serta menunjukkan bahwa vaksin itu penting. Game ini berisi 3 jenis Game agar tidak bosan serta adanya info atau fun fact yang akan muncul bila kalah atau menang. Game ini didesain agar pemain memainkan Game dalam jangka waktu yang sebentar karena bersifat arcade. Dengan adanya karakter yang menarik dan desain yang menarik serta berbagai level dan adanya item yang mendukung Game. Hasil uji korelasi yang dilakukan dari 50 responden diketahui bahwa terdapat hubungan antara Performance Expectancy, Effort Expectancy dan Hedonic Motivation terhadap Behavioral Intention.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:46
Last Modified: 06 Oct 2023 03:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33128

Actions (login required)

View Item View Item