MENINGKATKAN MINAT SISWA BELAJAR AKSARA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY “AR”

HALIM, DAVID KRISTIANTO (2023) MENINGKATKAN MINAT SISWA BELAJAR AKSARA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY “AR”. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
16.N2.0009-David Kristianto Halim - COVER_a.pdf

Download (710kB)
[img] Text
16.N2.0009-David Kristianto Halim - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
16.N2.0009-David Kristianto Halim - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
16.N2.0009-David Kristianto Halim - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
16.N2.0009-David Kristianto Halim - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
16.N2.0009-David Kristianto Halim - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
16.N2.0009-David Kristianto Halim - DAPUS_a.pdf

Download (150kB)
[img] Text
16.N2.0009-David Kristianto Halim - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)

Abstract

Aksara Jawa merupakan salah satu materi yang diajarkan di dalam pelajaran bahasa Jawa dipelajari oleh siswa dan siswi mulai dari SD hingga SMA. Akan tetapi banyak murid yang merasa bahwa pelajaran ini sangat membosankan dan susah bagi murid untuk dikarenakan suasana saat belajar dan metode mengajar yang hanya melihat dari buku dan mendengarkan penerangan dari guru. Maka dari itu dilakukan penelitian dengan mengembangkan sistem Augmented Reality (AR), agar nantinya dapat menambah inovasi di dalam metode mengajar aksara Jawa. Game AJAR bertujuan untuk menumbuhkan minat siswa dan siswi dalam belajar aksara jawa. Game yang dibuat bernama “AJAR (Aksara Jawa AR)”. Game ini berisi gambar dari setiap Aksara Jawa tingkat dasar, video yang berisikan cara penulisan aksara dengan benar, contoh penulisan aksara pada suatu kalimat yang benar dan beberapa latihan soal yang digunakan untuk membantu mengukur seberapa besar kemampuan murid dalam belajar aksara setelah menggunakan AR ini. Metode pengembangan game menggunakan waterfall. Sedangkan pengujian game ini menggunakan metode kualitatif dengan cara wawancara narasumber untuk mendapatkan data apakah game ini sudah berhasil dan memenuhi tujuan adanya game AJAR ini. Dari hasil wawancara dapat dilihat bahwa rata-rata semua narasumber merasa puas dan suka dengan adanya game AJAR ini karena dapat membantu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data
000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 05 Oct 2023 12:11
Last Modified: 05 Oct 2023 12:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33114

Actions (login required)

View Item View Item