ANALISIS FRAMING MODEL ZHONGDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI PADA TRIBUNAMBON.COM TERKAIT KASUS KORUPSI RAJA NEGERI TAWIRI PERIODE 25 JUNI 2021 – 30 AGUSTUS 2022

ADIANTORO, FACHREZA SAYID (2023) ANALISIS FRAMING MODEL ZHONGDANG PAN DAN GERALD M. KOSICKI PADA TRIBUNAMBON.COM TERKAIT KASUS KORUPSI RAJA NEGERI TAWIRI PERIODE 25 JUNI 2021 – 30 AGUSTUS 2022. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.M1.0101-FACHREZA SAYID ADIANTORO - COVER_a.pdf

Download (411kB)
[img] Text
17.M1.0101-FACHREZA SAYID ADIANTORO - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
17.M1.0101-FACHREZA SAYID ADIANTORO - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
17.M1.0101-FACHREZA SAYID ADIANTORO - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
17.M1.0101-FACHREZA SAYID ADIANTORO - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
17.M1.0101-FACHREZA SAYID ADIANTORO - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
17.M1.0101-FACHREZA SAYID ADIANTORO - DAPUS_a.pdf

Download (117kB)
[img] Text
17.M1.0101-FACHREZA SAYID ADIANTORO - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Framing merupakan proses konstruksi realitas yang bertujuan untuk pembentukan makna atau citra mengenai seorang Raja Negeri Tawiri. Peran seorang Raja adalah sebagai sesosok figuran yang dipandang sebagai seseorang yang penuh dengan tanggungjawab. Namun jika dilihat dalam pemberitaan Raja Negeri Tawiri yang diberitakan oleh tribunambon.com yang diangkat dari penelitian ini, seseorang yang dinilai memiliki tanggungjawab tersebut malah melakukan korupsi, dimana Raja Negeri tersebut melakukan tindakan korupsi berturut-turut seperti korupsi Alokasi Dana Desa dan korupsi Dana Desa. Penelitian ini mengangkat topik framing terkait korupsi Dana Desa oleh Raja Negeri Tawiri di tribunambon.com tahun 2021-2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan oleh tribunambon.com untuk mengemas berita atas tindakan korupsi yang dilakukan oleh Raja Negeri Tawiri. Metode penelitian ini metodologi kualitatif dengan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki yang menggunakan empat elemen yaitu Sintaksis, Tematik, Skrip, dan Retoris. Hasil penelitian menggunakan empat elemen zhongdang pan dan Gerald M.Kosicki menunjukan yang pertama struktur sintaksis, tribunambon.com menyusun fakta menggunakan struktur piramida terbalik dimana bagian atas berita lebih penting dibandingkan bagian bawah berita. Yang kedua struktur tematik, tribunambon.com menulis fakta dimana tribunambon.com memakai banyak elemen koherensi yang menjadikan berita di tribunambon.com menjadi lebih jelas dalam mengisahkan fakta. Yang ketiga struktur skrip dimana pada kesebelas berita, tidak semua mengandung unsur 5w+1h yang berdampak kepada penurunan keakurasian berita dan keempat struktur retoris, dimana wartawan menekankan fakta melalui kata-kata atau idiom yang mencerminkan gaya menulis wartawan tribunambon.com. Walau ada beberapa pemilihan kata oleh wartawan tribunambon.com yang mungkin sulit untuk dipahami oleh khalayak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tribunambon.com dapat dinilai sebagai media yang menyebarkan berita dengan alur yang jelas secara apa adanya didukung berasarkan pada sumber-sumber langsung yang bersangkutan namun hanya saja dalam tingkat kelengkapan berita ada beberapa yang kurang lengkap serta pemilihan kata atau gaya bahasa yang sulit untuk dipahami oleh khalayak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:47
Last Modified: 05 Oct 2023 07:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33106

Actions (login required)

View Item View Item