PELAKSANAAN ASESMEN RISIKO, IDENTIFIKASI DAN PENGELOLAAN RISIKO PASIEN GUNA MENJAMIN KESELAMATAN PASIEN DALAM SISTEM PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN PERMENKES NO 11 TAHUN 2017 (STUDI DI RUMAH SAKIT ISLAM PATI)

AJI, MUHAMMAD IRSYAD KHRESNA (2023) PELAKSANAAN ASESMEN RISIKO, IDENTIFIKASI DAN PENGELOLAAN RISIKO PASIEN GUNA MENJAMIN KESELAMATAN PASIEN DALAM SISTEM PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN PERMENKES NO 11 TAHUN 2017 (STUDI DI RUMAH SAKIT ISLAM PATI). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.C2.0074-Muhammad Irsyad Khresna Aji-COVER_a.pdf

Download (398kB)
[img] Text
18.C2.0074-Muhammad Irsyad Khresna Aji-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
18.C2.0074-Muhammad Irsyad Khresna Aji-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
18.C2.0074-Muhammad Irsyad Khresna Aji-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
18.C2.0074-Muhammad Irsyad Khresna Aji-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
18.C2.0074-Muhammad Irsyad Khresna Aji-DAPUS_a.pdf

Download (259kB)
[img] Text
18.C2.0074-Muhammad Irsyad Khresna Aji-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)

Abstract

Pengaturan keselamatan pasien diatur dalam Permenkes Nomor 11 tahun 2017 yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan fasilitas pelayaanan kesehatan melalui penerapan manajemen risiko dalam seluruh aspek pelayanan di fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui realisasi pelaksanaan asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan risiko pasien di RSI Pati guna menjamin keselamatan pasien dan mengetahui hambatan yang ditemukan oleh RSI Pati dalam melaksanakan asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan risiko pasien berdasarkan Permenkes Nomor 11 tahun 2017. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan hukum yuridis sosiologis. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengambilan data primer menggunakan teknik wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder dilakukan melalui studi kepustakaan. Data yang didapatkan Peneliti melalui metode observasi diolah dalam Tabel. Observasi dilakukan oleh Peneliti terhadap pasien dengan jumlah 37 responden. Instrumen untuk melakukan observasi menggunakan poin-poin dalam sasaran keselamatan pasien yang ada pada Permenkes No. 11 tahun 2017. Presentase kepatuhan terhadap 37 responden terhadap 6 sasaran keselamatan pasien adalah 66,39%. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa asesmen risiko, identifikasi risiko dan penatalaksanaan risiko yang dilakukan di RSI Pati sudah dilaksanakan sesuai dengan Permenkes No 11 tahun 2017. Hambatan yang paling utama dari pelaksanaan asesmen risiko, identifikasi risiko dan penatalaksanaan risiko di RSI Pati adalah kurang proaktifnya staf medis dalam melaporkan risiko yang berpotensi menjadi insiden. Kendala internal yang terjadi pada pelaksanaan 7 (tujuh) standar keselamatan pasien diantaranya staf RS memberikan penjelasan yang kurang lengkap dan tidak dilakukan secara berkala, staf tidak melaksanakan rekomendasi yang telah dibuat serta ketidak konsistenan pelayanan sesuai standar operasional prosedur, dan tidak melakukan supervisi secara berkala. Dalam melaksanakan komunikasi efektif, kendala yang ditemui adalah pelaksanaan xiii verifikasi dilakukan lebih dari 1x24 jam, dokter tidak melakukan visit setiap hari, dan informasi penting pasien yang tidak tersampaikan. Adapun kendala eksternal terutama dari Pasien adalah pengetahuan pasien yang rendah, pasien tidak koorpeatif, dan pasien tidak mengikuti atau melaksanakan edukasi yang telah diberikan oleh staf. Saran dari Peneliti adalah Rumah Sakit dalam melakukan asesmen risiko, identifikasi risiko, dan penatalaksanaan risko membuat standar operasional prosedur yang mengandung sanksi dan Tim Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien mengadakan pelatihan internal minimal 1 tahun sekali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:03
Last Modified: 25 Sep 2023 02:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32772

Actions (login required)

View Item View Item