EFEKTIVITAS PELAKSANAAN DIVERSI TERHADAP ANAKSEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I KOTA SEMARANG)

SETIADINI, CITRA AYU (2023) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN DIVERSI TERHADAP ANAKSEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN (STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I KOTA SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C1.0057-CITRA AYU SETIADINI-COVER_a.pdf

Download (718kB)
[img] Text
19.C1.0057-CITRA AYU SETIADINI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
19.C1.0057-CITRA AYU SETIADINI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
19.C1.0057-CITRA AYU SETIADINI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
19.C1.0057-CITRA AYU SETIADINI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
19.C1.0057-CITRA AYU SETIADINI-DAPUS_a.pdf

Download (348kB)
[img] Text
19.C1.0057-CITRA AYU SETIADINI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)

Abstract

Diversi merupakan suatu pengalihan penyelesaian kasus-kasus anak yang melakukan tindak pidana tertentu dari proses pidana formal ke penyelesaian damai, dan salah satu lembaga yang melakukan upaya diversi yaitu Balai Pemasyarakatan. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa diversi kurang efektif karena tidak memberikan efek jera sehingga anak akan mengulangi tindak pidana. Adanya permasalahan tersebut penulis merumuskan masalah yaitu mengenai bagaimana pelaksanaan diversi yang dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian, bagaimana efektivitas pelaksanaan diversi terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian, dan kendala yang dihadapi Pembimbing Kemasyarakatan dalam pelaksanaan diversi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan diversi terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian, untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan diversi terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian, dan kendala yang dihadapi Pembimbing Kemasyarakatan dalam pelaksanaan diversi Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu dengan metode pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif, yaitu apa yang dinyatakan oleh informan secara tertulis atau lisan, dan perilaku nyata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan cara studi kepustakaan dan wawancara dengan Pembimbing Kemasyarakatan di Bapas Kelas I Semarang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan diversi yang dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan yaitu dengan membuat penelitian pemasyarakatan (LITMAS), mendampingi, mengawasi, dan pembimbingan terhadap anak atau klien. Selanjutnya bedasarkan hasil penelitian dan wawancara dengan Pembimbing Kemasyarakatan, pelaksanaan diversi terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian di Bapas Kelas I Semarang sudah efektif karena pelaksanaan sudah sesuai dengan Undang-undang SPPA serta data-data yang menunjukkan bahwa pelaksanaan diversi dapat dikatakan efektif. Namun dalam pelaksanaannya masih ada kendala yang ditemui oleh Pembimbing Kemasyarakatan yaitu kurangnya tenaga kerja Pembimbing Kemasyarakatan, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai diversi, besaran ganti kerugian, dan perbedaan pemahaman antara penegak hukum. Kesimpulan dalam penelitiam ini yaitu pelaksanaan diversi yang dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan terhadap anak sebagai pelaku pencurian dilaksanakan sesuai dengan UU SPPA dan PP No. 65 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Diversi dan Penanganan Anak yang Belum Berumur 12 (dua belas) Tahun, pelaksanaan diversi yang dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan terhadap anak sebagai pelaku sudah efektif, namun dalam pelaksanannya terdapat beberapa kendala. Adanya permasalahan tersebut penegak hukum perlu lebih memahami mengenai diversi dan mempertimbangkan rekomendasi LITMAS dari Pembimbing Kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:10
Last Modified: 22 Sep 2023 08:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32755

Actions (login required)

View Item View Item