PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PENDIDIKAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING DARI MASA PANDEMI COVID-19 HINGGA MASA TRANSISI (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI MIROTO SEMARANG)

ERDIANA, RANI (2023) PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PENDIDIKAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING DARI MASA PANDEMI COVID-19 HINGGA MASA TRANSISI (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI MIROTO SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C1.0044-RANI ERDIANA-COVER_a.pdf

Download (647kB)
[img] Text
19.C1.0044-RANI ERDIANA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
19.C1.0044-RANI ERDIANA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
19.C1.0044-RANI ERDIANA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
19.C1.0044-RANI ERDIANA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
19.C1.0044-RANI ERDIANA-DAPUS_a.pdf

Download (230kB)
[img] Text
19.C1.0044-RANI ERDIANA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)

Abstract

Pandemi dan penyebaran Covid-19 telah dinyatakan oleh World Health Organization (WHO) sebagai Global Pandemic sejak tanggal 11 Maret 2020. Pemerintah membuat suatu kebijakan agar visi dan tindakan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dapat terwujud yaitu dengan memberlakukan pembelajaran daring di seluruh wilayah Indonesia. Selama kurang lebih tiga tahun, Indonesia memberlakukan pembelajaran daring. Permasalahan yang muncul di dalam hal ini tentu saja adalah kekhawatiran perbedaan kualitas pemenuhan hak anak atas pendidikan di masa Covid-19 dan sebelum Covid-19. Di dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diambil adalah:1) Bagaimana pemenuhan hak anak atas pendidikan, dan 2) Apakah hambatan serta solusi yang dihadapi saat masa pembelajaran daring dan dalam usaha memenuhi hak anak atas pendidikan tersebut. Metode pendekatan yang digunakan penulis adalah yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis data dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif yaitu analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan hak anak atas pendidikan masa pembelajaran daring Covid-19 hingga masa pembelajaran tatap muka terpenuhi dalam segi materi dan fasilitas serta aspek psikomotorik. Ada juga segi dan aspek yang belum terpenuhi yaitu segi waktu pembelajaran dan aspek kognitif serta afektif. Hal ini memang terjadi karena hambatan pembelajaran daring yang tidak dapat dihindari. Keputusan untuk memberlakukan pembelajaran daring pada masa Covid-19 sangat tepat karena melindungi anak dari penularan Covid-19 dan tetap menjunjung tinggi hak anak atas pendidikan. Hambatan yang ada pada masa pembelajaran daring Covid-19 hingga masa pembelajaran tatap muka adalah fasilitas, pengetahuan akan teknologi, dan pembelajaran. Penyelesaian permasalahan ini memerlukan kerja sama semua stakeholder yaitu Dinas Pendidikan Kota Semarang, SDN Miroto Kota Semarang, Orang tua Murid, dan Para Murid

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:02
Last Modified: 18 Sep 2023 02:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32751

Actions (login required)

View Item View Item