PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PEMBUANGAN BAYI OLEH ORANG TUA KANDUNG (STUDI KASUS BERKAS PERKARA NOMOR POLISI BP/228/K/BAP/XI/2022)

FEBRIANA, NORA ARYANTI (2023) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PEMBUANGAN BAYI OLEH ORANG TUA KANDUNG (STUDI KASUS BERKAS PERKARA NOMOR POLISI BP/228/K/BAP/XI/2022). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C1.0024-NORA ARYANTI FEBRIANA-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.C1.0024-NORA ARYANTI FEBRIANA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
19.C1.0024-NORA ARYANTI FEBRIANA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
19.C1.0024-NORA ARYANTI FEBRIANA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
19.C1.0024-NORA ARYANTI FEBRIANA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
19.C1.0024-NORA ARYANTI FEBRIANA-DAPUS_a.pdf

Download (523kB)
[img] Text
19.C1.0024-NORA ARYANTI FEBRIANA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Penulisan skripsi dengan judul “PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PEMBUANGAN BAYI OLEH ORANG TUA KANDUNG (STUDI KASUS PERKARA NOMOR POLISI BP/228/K/BAP/XI/2022)” bertujuan untuk mengetahui proses penegakan hukum tindak pidana pembuangan bayi oleh orang tua kandung dan mengetahui proses pencarian alat bukti oleh penyidik dalam kasus tindak pidaan pembuangan bayi oleh orang tua kandung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Objek penelitiannya adalah dekumen berupa Berita Acara Pemeriksaan kasus pembuangan bayi di Polrestabes Semarang, Aparat penegak hukum, dan peraturan perundang-undangan terkait. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan(wawancara). Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa (1) proses penegakan hukum yang dilakukan oleh penyidik Polrestabes Semarang dalam perkara pembuangan bayi oleh orang tua kandung diawali dengan adanya lapran dari saksi, kemudian penyidik segera melakukan tahap penyelidikan dengan mencari keterangan dan barang bukti, selanjutnya penyidik melakukan rangkaian tahap penyidikan yaitu melakukan pemeriksaan di Tempat Kejadian Perkara, melengkapi administrasi penyidikan, memeriksa saksi, menghubungi dinas terkait, mencari rumah bersalin dan pemeriksaan data yang baru melahirkan atas nama pelaku, mendatangi pelaku dan melakukan penangkapan, pemeriksaan tersangka, dan dilakukan penahanan terhadap tersangka. (2) Proses pencarian alat bukti oleh penyidik dalam kasus tindak pidana pembuangan bayi oleh orang tua kandung dilakukan dengan berdasarkan adanya keterangan saksi, surat, petunjuk, dan keterangan terdakwa, selain itu, penyidik juga mengamankan barang bukti yang digunakan oleh pelaku. Saran pada penelitian ini yaitu dalam melakukan proses penegakan hukum, aparat penegak hukum harus lebih tegas dan aktif guna mencegah, menanggulangi, dan mengurangi terjadinya tindak pidana pembuangan bayi. Selain aparat penegak hukum yang melakukan penegakan hukum, dibutuhkan juga peran serta masyarakat untuk membantu penegakan hukum berjalan dengan lancar yaitu salah satunya dengan menaati peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:56
Last Modified: 18 Sep 2023 02:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32746

Actions (login required)

View Item View Item