AFIRMASI POLITIK BAGI ORANG ASLI PAPUA BERDASARKAN OTONOMI KHUSUS PAPUA DALAM DEWAN PERWAKILAN RAKYAT PAPUA DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT KABUPATEN/KOTA DI PAPUA

PASALLI, MALEAKHI SAMUEL (2023) AFIRMASI POLITIK BAGI ORANG ASLI PAPUA BERDASARKAN OTONOMI KHUSUS PAPUA DALAM DEWAN PERWAKILAN RAKYAT PAPUA DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT KABUPATEN/KOTA DI PAPUA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.C1.0132-Maleakhi Samuel Pasalli-COVER_a.pdf

Download (712kB)
[img] Text
18.C1.0132-Maleakhi Samuel Pasalli-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
18.C1.0132-Maleakhi Samuel Pasalli-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
18.C1.0132-Maleakhi Samuel Pasalli-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18.C1.0132-Maleakhi Samuel Pasalli-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
18.C1.0132-Maleakhi Samuel Pasalli-DAPUS_a.pdf

Download (577kB)
[img] Text
18.C1.0132-Maleakhi Samuel Pasalli-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan afirmasi di sektor politik bagi orang asli Papua (OAP) dalam DPRP dan DPRK. Otonomi khusus bagi Papua menjadi landasan adanya kebijakan afirmasi tersebut dengan pedoman atau payung hukum utama yaitu Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif yang mana merupakan proses pemahaman peneliti atas perumusan masalah untuk mengkonstruksikan sebuah gejala hukum dengan tujuan untuk menemukan akar permasalahan dan dijadikan sebuah paradigma baru sebagai sebuah solusi. Penulis dalam penelitian ini juga menggunakan metode pendekatan normatif yuridis dengan mengumpulkan data melalui studi kepustakaan dan pendekatan Perundang-undangan. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data primer, sekunder, dan tersier yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini adalah (1) Adanya keterwakilan orang asli Papua (OAP) sebagai sebuah kelompok khusus didalam DPRP dan DPRK merupakan aspirasi dan tuntutan oleh OAP itu sendiri. Pada tingkat Provinsi yakni DPRP kebijakan afirmasi tersebut berlaku pada pemilu legislatif tahun 2014 yang berlandaskan pada Putusan Mahkamah Konstitusi tahun 2010; (2) Pada tingkat Kabupaten/Kota keterwakilan OAP dalam DPRK menjadi suatu kebaruan dalam perubahan kedua otonomi khusus Papua. Jumlah keterwakilan OAP didalam DPRK cenderung sedikit dibeberapa Kabupaten/Kota, sehingga menghasilkan tuntutan pemberlakuan keterwakilan OAP dalam DPRK yang mana tuntutan tersebut diakomodir didalam rapat panitia khusus Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus tahun 2021 dan termuat dalam Undang-Undang No 2 Tahun 2021. Adapun saran penulis dalam penelitian ialah dengan adanya keterwakilan OAP dalam DPRP maupun DPRK harus memperhatikan masyarakat yang masih berada diwilayah pedalaman Papua. Mengenai adanya aspirasi partai politik lokal Papua serta dasar hukum yang memuat terkait Bupati/Walikota wajib OAP, patut dipertimbangkan oleh pemerintah agar masyarakat Papua dapat memiliki kapasitas yang cukup untuk mengedepankan cita-cita OAP menjadi tuan dinegeri sendiri serta dalam hal menjaga stabilitas integrasi bangsa dengan memberikan kebijakan afirmasi di Papua sebaiknya pemerintah tidak melihat masyarakat Papua dalam dua haluan ideologi yaitu masyarakat yang menjaga keutuhan NKRI dan masyarakat yang menginkakan kemerdekaan Papua, tetapi melihat bahwa masyarakat papua adalah suatu kelompok masyarakat yang murni memperjuangkan pemberdayaan dan perlindungan hak-hak tradisional mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:54
Last Modified: 18 Sep 2023 02:35
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32738

Actions (login required)

View Item View Item