ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN KONSTRUKSI DAN BAHAYA RISIKO KESELAMATAN KONSTRUKSI PEKERJAAN REHABILITAS JARINGAN IRIGASI Studi Kasus di Jaringan Irigasi Bandung Kec. Subah dan Pecalungan

ELIANA, TRI MEI (2023) ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN KONSTRUKSI DAN BAHAYA RISIKO KESELAMATAN KONSTRUKSI PEKERJAAN REHABILITAS JARINGAN IRIGASI Studi Kasus di Jaringan Irigasi Bandung Kec. Subah dan Pecalungan. Project Report. Fakultas Teknik, Universitas Katholik Soegijapranata, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
22.B5.0007-TRI MEI ELIANA-COVER_a.pdf

Download (855kB)
[img] Text
22.B5.0007-TRI MEI ELIANA-BAB I-V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
22.B5.0007-TRI MEI ELIANA-DAPUS_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
22.B5.0007-TRI MEI ELIANA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Pembangunan dan Pemeliharaan infrastruktur merupakan salah satu strategi dalam menunjang aktifitas pergerakan kegiatan masyarakat utamanya pada aspek keselamatan konstruksi diantaranya pengendalian selama pelaksanaan khususnya Pada Pekerjaan Rehabilitas Jaringan Irigasi Bandung Kec.Subah dan Pecalungan yang berada dilokasi wilayah pemungkiman masyarakat sangat perlu diketahui untuk tujuan bagaimana implementasi penerapan keselamatan konstruksi serta identifikasi bahaya risiko serta pengendalian dan penilaiannya dalam mecegah dampak risiko yang terjadi selama pekerjaan berlangsung. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap penyedia jasa yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan keselamatan konstruksi dengan melakukan penilaian skala nilai dan tingkat risiko. Dari hasil analisis menghasilkan Penyelenggaraan rencana keselamatan konstruksi pada pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi termasuk dalam kondisi Baik sebesar 84% yang terdiri dari a) indikator Kepemimpinan dan Partisipasi Pekerja Keselamatan Konstruksi sebesar 20%; b) indikator Perencanaan Keselamatan Konstruksi sebesar 16,7%; c) indikator Dukungan Keselamatan Konstruksi sebesar 18%; c) indikator Operasi Keselamatan Konstruksi sebesar 13,3%, d) indikator operasi keselamatan konstruksi sebesar 13,3%; e) indikator Evaluasi Kinerja Keselamatan Konstruksi sebesar 16% dan identifikasi bahaya risiko pada proyek rehabilitasi jaringan irigasi ini dari 8 (delapan) lingkup pekerjaan memiliki pengendalian risiko dan penilaian tingkat risiko yang hampir sama secara umum yaitu a) Memasang rambu-rambu sementara dan brikade (Sedang), b) Jika terdapat kabel yang rusak secepatnya di isolasi dengan baik dan aman (sedang), c) Penggunaan APD:Safety Shoes, Sarung Tangan, Masker, helm dan Kotak P3K (keci), d) Mengikuti SOP Pengoperasian peralatan (sedang).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering - Project Report
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:30
Last Modified: 18 Sep 2023 01:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32706

Actions (login required)

View Item View Item