PELAKSANAAN SERTIFIKASI LAIK FUNGSI SEBAGAI PEMENUHAN KELAIKAN BANGUNAN GEDUNG DAN UTILITAS BIDANG MEKANIKAL ELEKTRIKAL (Studi Kasus di RSUD dr. H. Soewondo Kabupaten Kendal)

INDRIYANTO, SULISTYO (2023) PELAKSANAAN SERTIFIKASI LAIK FUNGSI SEBAGAI PEMENUHAN KELAIKAN BANGUNAN GEDUNG DAN UTILITAS BIDANG MEKANIKAL ELEKTRIKAL (Studi Kasus di RSUD dr. H. Soewondo Kabupaten Kendal). Project Report. Fakultas Teknik, Universitas Katholik Soegijapranata, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
22.B5.0006-SULISTYO INDRIYANTO-COVER_a.pdf

Download (680kB)
[img] Text
22.B5.0006-SULISTYO INDRIYANTO-BAB I-V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
22.B5.0006-SULISTYO INDRIYANTO-DAPUS_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
22.B5.0006-SULISTYO INDRIYANTO-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Keinsinyuran merupakan kegiatan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan peradaban dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Upaya memajukan peradaban dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia dicapai melalui penyelenggaraan keinsinyuran yang andal dan profesional yang mampu meningkatkan nilai tambah, daya guna dan hasil guna, memberikan pelindungan kepada masyarakat, serta mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Sertifikat laik fungsi (SLF) merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh pemerintah daerah terhadap bangunan gedung yang sudah diperiksa kelaikannya dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan, baik persyaratan administratif maupun teknis. Dengan begitu, sebelum bangunan gedung tersebut difungsikan, pemilik bangunan gedung diwajibkan untuk mengurus SLF. Pengkaji teknis bangunan gedung adalah orang perorangan atau badan usaha, baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum yang mempunyai sertifikasi kompetensi kerja kualifikasi ahli atau sertifikat badan usaha untuk melaksanakan pengkajian teknis atas kelaikan fungsi bangunan gedung. Proses Sertifikasi Laik Fungsi yang dilaksanakan Pengkaji Teknis adalah suatu proses pelaksanaan etika profesi yang mengetengahkan kode etik profesi dan norma – norma keinsinyuran yang profesional dengan kepatuhan hukum yang tinggi terhadap regulasi. Profesi keinsinyuran yang dijalankan oleh pengkaji teknis dilaksanakan selain untuk perijinan juga menjamin keberlanjutan dan merupakan bagian dari sistem manajemen bangunan Gedung beserta pemilik dan penghuni secara keseluruhan dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya TEMPAT KERJA YANG AMAN, EFISIEN DAN PRODUKTIF serta berwawasan lingkungan. Rekomendasi dan evaluasi yang dinyatakan oleh pengkaji teknis sebagai bagian Profesi keinsinyuran harus mampu menjadi rujukan dokumen yang tervalidasi secara hukum dan perundang-undangan yang berlaku dan berlandaskan kaidah keilmuan yang terstandarisasi dengan empiris yang terukur dan otentik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering - Project Report
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:30
Last Modified: 18 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32705

Actions (login required)

View Item View Item