EKSPLORASI PERSEPSI DAN SIKAP WARGA DESA TERHADAP POTENSI DAMPAK PERKEMBANGAN KEPARIWISATAAN DESA KESENENG, KECAMATAN SUMOWONO, KABUPATEN SEMARANG

Perwito, A Haryo and Anugraheni, Dyah Titisari and HARCAHYO, BOWO and SUGIHARTO, YOHANES (2023) EKSPLORASI PERSEPSI DAN SIKAP WARGA DESA TERHADAP POTENSI DAMPAK PERKEMBANGAN KEPARIWISATAAN DESA KESENENG, KECAMATAN SUMOWONO, KABUPATEN SEMARANG. Other. Universtitas Katolik Soegijapranata, Universtitas Katolik Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian Keseneng 22-23 REVISI 31-5.pdf

Download (641kB)

Abstract

Keberhasilan pengembangan pariwisata sangat bergantung pada partisipasi penduduk lokal dimana terletak sebuah obyek wisata. Kepuasan atau tidak puasnya warga terhadap keberadaan sebuah obyek wisata, sangat mempengaruhi keberlangsungan sebuah obyek wisata. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi dan memahami faktor-faktor persepsi, pemikiran serta faktor-faktor penentu penting dari dukungan penduduk lokal untuk pengembangan pariwisata. Penelitian ini bermaksud mengungkapkan persepsi dan sikap warga lokal, dalam hal ini desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang perihal potensi atau kemungkinan pengembangan desa mereka menjadi desa wisata. Pemahaman terhadap persepsi dan sikap warga tersebut, diharapkan bisa menjadi dasar yang baik untuk memadukan apa yang wisatawan ingin dan apa yang dipersepsi oleh warga ke dalam rancangan kepariwisataan yang menyenangkan(memuaskan) semua pihak. Temuan dari penelitian ini dapat dinyatakan bahwa: Dalam masyarakat yang terbuka dan sudah biasa berinteraksi dengan masyarakat luar, situasi pro dan kontra terhadap sebuah tawaran konsep desa wisata lebih mudah dipersatukan dengan bukti bahwa keberhasilan pelaksanaan konsep desa wisata akan berujung pada peningkatan kesejahteraan (pendapatan). Sikap dan bayangan negatif dari warga yang berpikiran terbuka sangat minim terjadi, dan justru membuktikan bahwa sebuah keraguan akan segera hilang dengan adanya bukti-bukti keberhasilan secara ekonomi. Di Desa Keseneng, yang sudah terbiasa berinteraksi dengan dunia luar, tawaran konsep desa wisata ternyata mampu mendorong munculnya kreatifitas beragam jenis-jenis paket wisata edukasi yang murni berasal dari kearifan lokal.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Haryo Perwito
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:41
Last Modified: 04 Sep 2023 04:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32602

Actions (login required)

View Item View Item