Kajian Literasi Digital dan Ketrampilan Digital Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK)

YUSTINI, RETNO and SUSILOWATI, MG. WESTRI KEKALIH and Prawihatmi, Chatarina Yekti (2023) Kajian Literasi Digital dan Ketrampilan Digital Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Project Report. Unika Soegijarpranata, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
Kinerja _Kajian literasi Digital - Usaha Mikro.pdf

Download (651kB)

Abstract

Pasca pandemic COVID 19, dunia memasuki tatanan kehidupan baru. Tatanan baru ini mencakup bidang ekonomi, social dan politik. Tatanan baru ini ini menjadikan individu mendapat dorongan kuat untuk paling tidak mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mendapat momentum untuk berkembang dengan pesatdan cepat. Perekonomian bergerak menjadi perekonomian digital. Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak terutama pada sisi ekonomi. Indonesia yang 90% perekonomiannya ditopang oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMK) telah memberikan perhatian khusus terhadap sektor ini. Untuk bisa mempercepat pemulihan dari keterpurukan pada masa pandemic, dengan pendapatan yang anjlok dan juga banyaknya tenaga kerja yang diberhentikan, maka UMK harus mampu memanfaatkan perkembangan ekonomi digital dengan optimal. Maka, penguasaan ketrampilan digital menjadi keharusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat ketrampilan digital pada UMK (usaha mikro dan kecil) dengan alat ukur yang dikembangkan oleh UNESCO untuk negara yang tergabung dalam kelompok kerjasama 20 negara (G20). Sebagai sampel adalah 30 UMK yang tergabung dalam binaan CSE Unika Soegijapranata. Dua pilar ketrampilan digital yang akan diukur dalam penelitian ini adalah pilar literasi (literacy) dan pilar pemberdayaan (empowerment). Diharapkan dengan pemetaan tingkat ketrampilan digital, dapat dijadikan pijakan untuk merumuskan kebijakan dan program yang tepat untuk meningkatkan ketrampilan digital khususnya pada UMK.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms MG. Westri Kekalih
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:50
Last Modified: 01 Sep 2023 02:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32573

Actions (login required)

View Item View Item