Kajian Ketrampilan Digital dan Literasi Digital Masyarakat Menurut Klasifikasi Generasi

SUSILOWATI, MG. WESTRI KEKALIH and YUSTINI, RETNO (2023) Kajian Ketrampilan Digital dan Literasi Digital Masyarakat Menurut Klasifikasi Generasi. Project Report. Unika Soegijarpranata, Semarang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Kajian literasi Digital-kelompok generasi.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi khususnya teknologi informasi dalam bentuk digitalisasi pada berbagai bentuk layanan publik dikembangkan oleh lembaga, baik swasta maupun pemerintah dimaksudkan untuk dapat memberikan layanan yang lebih baik. Saat ini layanan berbasis teknologi digital telah secara masif diterapkan pada berbagai bidang. Pemerintah juga telah mengembangkan beberapa platform dan skenario untuk mendigitalkan berbagai layanan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Berkaitan dengan hal tersebut, ketrampilan digital dan literasi digital seseorang atau masyarakat merupakan hal penting, agar tujuan digitalisasi meningkatkan kesejahteraan melalui berbagai keunggulannya dapat tercapai. Ketrampilan digital dan Literasi digital menjadi salah satu agenda prioritas yang dibahas pada 2022 Presidensi Indonesia G20. Untuk tujuan tersebut, G20 mengembangkan alat pengukuran literasi dan ketrampilan digital yang terdiri dari 4 pilar yaitu pilar infrastruktur dan ekosistem (infrastructure and ecosystem), pilar literasi digital (digital Literacy), pilar pemberdayaan (empowerment), dan pilar pekerjaan (jobs). Dengan menggunakan pendekatan deskriptif, penelitian ini bertujuan penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengkaji literasi dan ketrampilan digital masyarakat yang akan dikelompokkan menurut klasifikasi generasi yaitu Baby boomers, Generasi X, Generasi Y (milenial), dan Generasi Z. Hasil penlitian menunjukan bahwa a. Secara keseluruhan masyarakat memiliki kemampuan tinggi untuk menggunakan teknologi digital guna melakukan komunikasi dan kerjasama. Generasi Z memiliki kemampuan paling tinggi, terutama dalam melakukan percakapan (termasuk teks, panggilan audio atau video) melalui internet menggunakan platform b. Pada unsur berpikir kritis, secara umum tanpa membedakan generasi berada kategori tinggi, yang berarti memiliki kehati-hatian yang baik dalam menyebarkan informasi. c. Mengenai familiaritas atau keakraban terhadap teknologi informasi, penelitian ini menunjukkan tingkat familiaritas yang tinggi secara keseluruhan maupun menurut kelompok generasi. Kelompok generasi yang paling akrab dengan teknologi digital adalah gerenasi Z yang merupakan digital native. d. Pada unsur literasi data ditemukan bahwa pada semua generasi memiliki tingkat literasi digital yang tinggi. Kelompok generasi dengan tingkat literasi tertinggi adalah generasi Z. e. Secara keseluruhan, tingkat literasi pengguna teknologi digital mengenai keamanan perangakat digital berada dalam kategori tinggi. Generasi Z merupakan generasi dengan tingkat literasi tertinggi mengenai keamanan perangkat, terutama dalam hal penggunaan otentikasi dua faktor (dua Langkah verifikasi) untuk setidaknya satu akun. f. Mengenai keamanan personal, yakni data-data yang bersifat pribadi, secara keseluruhan masyarakat memiliki tingkat literasi yang tinggi. Pada pilar pemberdayaan diketahui bahwa pemanfaatan paling tinggi dari teknologi digital adalah terkait dengan keuangan digital, terutama mobile-banking. Generasi Z merupakan generasi yang paling banyak memanfaatkan teknologi digital, terutama terkait dengan dompet elektronik/e-wallet (gopay, OVO, Dana, dll) untuk transaksi. Hasil uji-beda menunjukkan adanya perbedaan literasi digital yang signifikan antar kelompok generasi, kecuali untuk kelompok generasi X dengan generasi Y

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms MG. Westri Kekalih
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:43
Last Modified: 01 Sep 2023 02:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32571

Actions (login required)

View Item View Item