HUBUNGAN BIG FIVE PERSONALITY DAN SCHOOL ADJUSTMENT DENGAN AGRESIVITAS SISWA TERHADAP GURU

Yulisa, Katarina and Widyorini, Endang and Primastuti, Emiliana (2023) HUBUNGAN BIG FIVE PERSONALITY DAN SCHOOL ADJUSTMENT DENGAN AGRESIVITAS SISWA TERHADAP GURU. Jurnal Empati, Volume (6). pp. 424-432.

[img] Text
big five KATARINA.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan big five personality dan school adjustment dengan agresivitas siswa terhadap guru. Sampel penelitian ini berjumlah 66 siswa kelas XI-IPA dari SMA 6 Semarang. Pengambilan data menggunakan Big Five Inventory, Skala School Adjustment, dan Skala Agresivitas. Pengujian hipotesis mayor menggunakan teknik analisis berganda. Sementara itu, pengujian hipotesis minor menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Agreeableness dan school adjustment (0.021; p<0.05) dengan agresivitas. Sementara itu, hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara openness (0.204; p>0.05), conscientiousness (0.933; p>0.05), extraversion (0.946; p>0.05), neuroticism (0.306; p>0.05) dan school adjustment terhadap agresivitas.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Ms Endang Widyorini
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:04
Last Modified: 31 Aug 2023 07:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32557

Actions (login required)

View Item View Item