PEMBERDAYAAN PKK RT 11 RW 11KELURAHAN PUDAK PAYUNG MELALUI KEGIATAN ECOPRINT DENGAN TEKNIK MORDANT AA, MANAJEMEN USAHA, PEMBUKUAN SEDERHANA, DAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL

PRAPTI, MENIEK SRINING and WARASTUTI, YUSNI and INDARTO, ST. LILY and ENDAH, SIH MIRMANING DAMAR and CHRISTIE, AGNES ARIE MIENTARY and WAHYUNINGDYAH, RETNO YUSTINI PEMBERDAYAAN PKK RT 11 RW 11KELURAHAN PUDAK PAYUNG MELALUI KEGIATAN ECOPRINT DENGAN TEKNIK MORDANT AA, MANAJEMEN USAHA, PEMBUKUAN SEDERHANA, DAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL. Project Report. UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA, SEMARANG. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENGABDIAN ECOPRINTPUDAK PAYUNG-2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di RT11 RW 11 kelurahan Pudakpayung dengan kelompok sasaran PKK RT 11. Anggota PKK RT 11 RW 11 kelurahan Pudakpayung sudah memiliki beberapa kegiatan usaha namun masih terbatas. Anggota PKK menghendaki memiliki ketrampilan yang lebih seperti ketrampilan membuat ecoprint dan memiliki pengetahuan mengenai bisnis khususnya usaha mikro kecil. Disamping potensi anggota PKK yang tinggi, ketersediaan bahan-bahan alam untuk ecoprint banyak tersedia di sekitar rumah warga. Berdasarkan permasalahan warga dalam PKK RT 11 ini, maka kegiatan pengabdian ini memberikan pelatihan membuat ecoprint dengan teknik mordant yang lebih baik dan efisien, pelatihan manajemen usaha, pembukuan sederhana, dan pelatihan pemanfaatan media digital untuk mendukung kegiatan usaha nantinya. Metode pelaksanaan kegiatan dengan melibatkan secara aktif ibu-ibu anggota PKK RT 11 RW 11 kelurahan Pudakpayung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini: ibu-ibu PKK RT 11 RW 11 kelurahan Pudak Payung mampu membuat pashmina ecoprint dengan teknik mordant dan dry teknik, serta memahami menghitung harga pokok produksi. Serta memahami manajemen usaha secara sederhana dan bagaimana memanfaatkan media digital untuk kegiatan usaha. Luaran tambahan ibu-ibu PKK RT 11 RW 11 mengikuti kegiatan Kenduri Seni Forum Komuniaksi Media Tradisional Kota Semarang.Dalam kegiatan tersebut, ibu-ibu ikut mabil bagian dalam kegiatan lomba, membuka stand hasil usaha mereka dan hasil dari pelatihan ecoprint. Ibu-ibu PKK berharap kedepan akan dapat meningkatkan lagi kemampuan membuat ecoprint dengan teknik pewarnaan dan dibuat menjadi beraneka produk.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Menik Srining P
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:28
Last Modified: 24 Aug 2023 08:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32475

Actions (login required)

View Item View Item